Penyertaan Modal Bank Jambi Ditunda Hingga 2022, Ini Kata Gubernur

BERITA JAMBI – Wacana penyertaan modal pada Bank Jambi yang di masukkan Gubernur Jambi, Al Haris dalam Perubahan APBD 2021 ini secara resmi ditunda hingga 2022 mendatang.

Sebagaimana di katakan Akmaluddin, Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (18/09/2021). Baru saja, DPRD Provinsi Jambi bersama Tim Anggaran secara resmi menunda rencana penyertaan modal tersebut.

Baca juga : Teng, Penyertaan Modal Pada Bank Jambi Resmi Ditunda

“Kita tunda, pasalnya Ranperdanya belum masuk. Meski memang, ada surat Gubernur Jambi minta dibahas ulang, terkait ranperda penyertaan modal. Tetapi, karena belum ada dasar hukumnya, kita belum bisa memasukkan itu dalam APBD perubahan,” ungkap Akmaluddin.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, pembahasan Ranperda terkait penyertaan modal Bank Jambi akan di bahas pada APBD murni tahun 2022.

“Di tunda hingga APBD murni tahun 2022, sampai Perdanya selesai,” imbuhnya.

Dengan catatan, selain mempersiapkan Ranperda, Pemprov juga di wajibkan melakukan analisis investasi. Hal itu bertujuan untuk mengkaji ulang besaran penyertaan modal tersebut.

“Berbeda besarannya, nanti melalui kajian investasi terlebih dahulu. Kebutuannya modal intinya berapa, sesuai dengan peraturan OJK,” tambahnya

Tanggapan Gubernur Jambi

Sementara itu, Gubernur membenarkan bahwa penyertaan modal tersebut di tunda, dengan alasan belum di sertakan dalam peraturan daerah.

“Kita belum ada Perda, nanti setelah ada Perdanya baru kita masuk ke penganggaran. Karena belum ada, maka belum di sahkan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, mengacu kepada peraturan OJK, Bank Jambi sendiri berstatus Perseroan Daerah atau Perseroda. Sehingga, Bank Jambi sendiri di wajibkan memiliki modal utama sebesar 3 triliun.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Sedangkan saat ini, kata Harus ketercapaian modal Bank Jambi tersebut masih sekitar 1,7 Triliun. Di mana, kekurangan tersebut akan di penuhi pada Desember 2024 mendatang.

“Nah, sementara hari ini Bank Jambi hanya memiliki modal sekitar 1,7 Triliun. Anggapalah 4 tahun kedepan lagi, dia butuh 1,3 Triliun lagi.” jelasnya. (Tr01)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033