Dewan Minta Perjalanan Dinas ASN Nginap di Mess Pemda, Bukan Hotel

BERITA JAMBI – Guna efisiensi anggaran pada APBD Murni 2022 mendatang. Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Kemas Alfarabi tegas minta tiap Perjalanan Dinas ASN (Aparatur Sipil Negara), agar nginap di Mess Pemerintah Daerah bukan di Hotel.

Sebagaimana diketahui, saat ini Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Jambi, tengah lakukan kordinasi guna penyusunan APBD Murni Tahun Anggaran 2022.

Baca juga : Soal Pilbup Muaro Jambi, PDI Perjuangan Mulai Beri Sinyal

Tak ayal, hal ini mendapat respon tegas dari Komisi I selaku yang membidangi pemerintahan.

Pada Dinamikajambi.com, Kemas Alfarabi menuturkan, wacana tersebut bergulir saat rapat Konsultasi Banggar DPRD dan TAPD Pemprov, beberapa waktu lalu.

Bukan tanpa alasan, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, sejauh ini mess Pemda telah memiliki fasilitas yang serupa dengan hotel.

“Kabarnya, Gubernur akan mengeluarkan Pergub. Nah, untuk mewajibkan tiap perjalanan dinas ASN, agar nginap di Mess Pemda, bukan di hotel. Hal ini, patut didukung untuk menghemat anggaran,” ungkapnya, Jumat (22/10/2021).

Menanti Pergub

Selanjutnya, Anggota Dewan Dapil Kota Jambi ini menjelaskan, saat ini Mess Pemda Jambi di DKI Jakarta, tepatnya di daerah Cikini telah memiliki 30 kamar.

Bukan main-main, terangnya, fasilitas yang terdapat disana juga telah memiliki standar serupa dengan hotel. Tak ayal, Ia beranggapan jika hal itu tidak digunakan, maka terkesan pemborosan anggaran perjalanan dinas ASN agar nginap di Mess.

“Kita lihat, di Cikini itu ada Mess Pemda berjumlah sekitar 30 kamar. Nah, fasilitas dan standarnya saya rasa sudah seperti hotel. Pertama, ini kan menghemat biaya, dan juga menambah PAD. Kalau di hotel, saya rasa manfaatnya tidak terlalu banyak. Perlu diingat, itu kan uang rakyat dari APBD,” tegasnya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Maka, guna menghemat anggaran Perjalanan Dinas, Ia berharap agar Gubernur Jambi, dapat menerbitkan Pergub (Peraturan Gubernur). Yang mana, Pergub tersebut mengatur tiap perjalanan dinas ASN, diwajibkan istirahat di Mess Pemda, bukan di Hotel.

“Saya kira, ini adalah hal yang positif. Segera dapat dimuat dalam Pergub, atau SE (Surat Edaran). Tentunya, kita menantikan langkah konkritnya. Tak elok, kalau hal baik ini tidak direalisasikan.” timpalnya. (Tr01)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033