Pelebaran Jalan Ness Rampung 2022, Dewan Minta Dishub Awasi Tonase

BERITA JAMBI – Pelebaran Jalan Alternatif Ness, bakal rampung 2022 mendatang. Oleh karena itu, Dewan meminta Dinas Perhubungan aktif dan menindak angkutan melebihi tonase jalan.

Akses jalan yang menghubungkan Simpang Sungai Duren menuju Sungai Buluh Jambi, bakal masuk belanja tahun anggaran 2022. Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Sapuan Anshori angkat bicara, minta peran aktif Dinas Perhubungan (Dishub) dalam mengawasi tonase.

Sebagaimana di ketahui, Jalur alternatif Ness dinilai memiliki badan yang sempit dan rentan kecelakaan. Alhasil, beberapa waktu lalu melalui usulan Anggota DPRD Provinsi Jambi, kini diperlebar dengan memakan anggaran hingga 7 Milliar pada Tahun Anggaran 2022.

Sapuan Anshori menuturkan, menyambut baik hal tersebut. Bilangnya, sejak belasan tahun silam, Jalan Ness secara tidak langsung menopang perekonomian masyarakat Batanghari.

Namun, Ia menilai postur jalan tersebut terkesan sempit. Dengan demikian, ruas jalan sempat rentan terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Pertama, dengan adanya pelebaran jalan Ness, akan memperlancarkan arus perekonomian masyarakat. Kedua, memang kita akui jalan itu sempit dan rentan kecelakaan. Oleh karenanya, kita selaku dewan dari Dapil Batanghari-Muaro Jambi, mengusulkan pelebaran menggunakan APBD Provinsi Jambi,” ungkap Sapuan Anshori, Selasa (30/11/2021).

Tipe Jalan C, Tindak Melebihi Tonase

Lebih lanjut, Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, Jalur Alternatif Ness Jambi merupakan Tipe Jalan C. Yang mana, bebernya, jalan bertipe C hanya mampu menampung tonase, yang tak lebih dari 8 Ton.

Atas hal itu, Sapuan meminta peran aktif OPD terkait untuk melakukan pengawasan tonase. Tak lain tak bukan, pengawasan tersebut guna menjaga ketahanan jalan.

Baca Juga : Baru Saja, Tabrakan Trans Siginjai dan Mobil Tahanan Lapas Perempuan

“Jadi begini, Jalan Ness itu tipe C. Jadi, kapasitas tonase yang boleh melewati, itu sudah di atur. Nah, dalam hal ini kita meminta peran aktif pengawasan dari Dinas Perhubungan. Ketika tonase melewati batas, tentu harus ditindak.” tutupnya.

Untuk di ketahui, pelebaran jalan Ness Jambi memakan anggaran sebesar 4 Milliar, pada APBD Perubahan 2021. Sementara, APBD TA 2022 rampung, bakal menganggarkan pelebaran jalan ness dengan alokasi belanja Rp 7 Milliar. (Rap)

Lihat Juga Video : Kecelakaan Mobil Tahanan Lapas Perempuan dan Trans Siginjai

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube