Viral Uang Baru Pecahan 1 Juta, Benarkah? Cek Fakta Berikut

BERITA VIRAL – Baru-baru ini media sosial ramai dengan selembar uang kertas. Menjadi viral, karena klaim uang baru tersebut pecahan Rp 1 juta, benarkah? Cek Fakta berikut.

Sebelumnya, lembaran uang ini bikin heboh pada 2021 lalu. Kini muncul lagi, dengan bumbu uang THR, Hari Raya Idul Fitri 2022.

Media sosial platform TikTok yang awalnya viral dengan uang tersebut. Uang itu berwarna dominasi merah dengan gambar orang menari. Tertulis angka besar 1.0 atau Rp 1 juta.

Benarkah Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan Rp1 juta?

Sebagai informasi, Bank Indonesia satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan rupiah sebagaimana amanat UU No. 7 Tahun 2011, tentang Mata Uang.

Tak hanya mengeluarkan, Bank Indonesia juga adalah satu-satunya lembaga yang dapat mengedarkan uang rupiah di Indonesia.

Tapi untuk uang yang tengah beredar kali ini, BI membantahnya. Melansir BicaraBerita.com, BI menegaskan tidak pernah mengeluarkan atau mengedarkan.

“Bank Indonesia tidak pernah mengeluarkan dan mengedarkan uang specimen Perum Peruri sebagaimana video yang viral,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim.

Selain itu baru-baru ini, Bank Indonesia juga tidak mengeluarkan specimen uang baru, ataupun menerbitkan specimen uang baru di Indonesia.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gambar uang Rp1 juta yang beredar bukan merupakan uang resmi yang dibuat oleh BI.

Baca Juga : BI Akan Tarik 6 Uang Pecahan Jadul, Buruan Tukar Sebelum Hangus

Uang pecahan Rp1 juta rupiah tersebut juga tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Hal ini, juga menjawab warganet yang menduga bahwa uang tersebut spesimen. Sebagian warganet melihat uang tersebut contoh, sebelum benar-benar beredar.

“Itu uang spesimen,” kata warganet.

Bantahan BI

Namun, ternyata, BI membantahnya, bahwa mereka tidak mengeluarkan atau menerbitkan. Pada Mei 2021 lalu, BI juga membantah kabar yang beredar terkait lembaran Rp 1.0 itu.

Melansir Kominfo, Bank Indonesia melalui Direktur Departemen Komunikasi, Junanto Herdiawan memberikan penegasan, jika saat ini hanya nominal Rp 100.000 uang pecahan kertas yang berlaku.

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube