Soal Pembangunan Ujung Jabung, Dewan : Proyeksinya Bukan Main

BERITA JAMBI – Percepatan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung tampaknya menjadi garapan serius. Dewan apresiasi pembangunan pelabuhan Ujung Jabung, berikut harapan ke depan.

Hal itu disampaikan Agus Rama, anggota DPRD Provinsi Jambi dari Dapil Tanjabbar – Tanjabtim. Bilang Agus, tentu saja Ia mendukung pembangunan tersebut terlebih sebagai putra daerah.

Baca juga : Kabar Gembira, Jalan Ness Jambi Pada Tahun 2022 Rampung Diperlebar

“Tentu mau daerah kita maju. Daerah kita maju, tentu karena ada pembangunan. Kalau pembangunan Dermaga Samudera itu jadi, banyak sekali dampaknya,” kata Agus pada awak media baru-baru ini.

Sadu, sebagai kecamatan luas bakal berdampak seperti pertambahan penduduk, peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, dengan adanya dermaga, ekspor impor dari Jambi akan memberikan sumbangsih lebih baik. Saat ini, ekspor baru 24 persen.

“Jambi selama ini, ekspor melalui dermaga lain. Ke Teluk Bayur, Palembang dan lainnya. Ada kerugian untuk daerah. Tapi kalau Dermaga sendiri, ngak perlu keluar,” katanya.

Hanya memang, sambung politisi PAN itu, kebutuhan anggaran sangat besar sementara kemampuan daerah terbatas.

Meski demikian, Agus dewan dari Fraksi PAN itu menuturkan bila upaya pembangunan pelabuhan tetap berjalan di Ujung Jabung. Dalam 3 tahun terakhir, Pemerintah Provinsi telah menggelontorkan dana untuk pembebasan lahan.

Informasi terakhir yang awak media dapatkan, Pemprov mengalokasikan Rp 32 Milyar untuk pembebasan lahan tahap akhir di 2022.

Tak hanya pembebasan lahan, APBD Provinsi Jambi 2022 untuk Pembangunan Ujung Jabung akan menyedot Rp 6 Milyar untuk infrastruktur.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Ketua Komisi III DPRD Provinsi, Fauzi Ansori membenarkan bila pemprov telah mengalokasikan anggaran tersebut. Bilang politisi Demokrat itu, tingginya kebutuhan pembangunan, diharapkan dapat dukungan dari pemerintah pusat.

“Sehingga pembangunan fisiknya di harapkan dari APBN. Terutama jembatan Sungai Rambut,” katanya. (Red)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033