Pemprov Jambi Terus Berupaya Dorong Pembangunan Infrastruktur dan Pembinaan Atlet

JAMBI – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengatakan, pencak silat merupakan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dan telah ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2019 lalu.

Hal ini dikatakannya saat penutupan Kejuaraan Pencak Silat PSHT Open Piala Gubernur Jambi yang berlangsung sejak 27 Februari – 1 Maret 2024, bertempat di Gedung Aula Asrama Haji Provinsi Jambi, Kamis (29/02/2024) malam.

“Pencak silat ini masuk kedalam WBTB sejak tahun 2019, tradisi pencak silat sendiri terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal,” ujar Wagub Sani.

“UNESCO mengakui pencak silat telah menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Tradisi pencak silat mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati. Oleh karena itu pencak silat dapat berkembang dan diadopsi diberbagai wilayah Indonesia,” sambungnya.

Wagub Sani mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya dan meningkatkan pembangunan disektor olahraga.

“Kita terus berupaya mendorong kemajuan olahraga di Provinsi Jambi, baik melalui pembangunan infrastruktur dan pembinaan atlet,” ungkap Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyampaikan bahwa Pemprov Jambi sangat mengapresiasi dan menyambut positif penyelenggaraan kejuaraan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh peserta kejuaraan PSHT Open 2024 yang telah menjunjung tinggi sportivitas, dan kita berharap dapat menghasilkan pesilat-pesilat yang dapat membanggakan Jambi,” pungkas Wagub Sani.

Sementara itu, Ketua PSHT Provinsi Jambi Ismunandar mengatakan, adanya kejuaraan Piala Gubernur ini menjadi ajang unjuk bakat para pesilat.

“Piala Gubernur ini menjadi ajang mengasah kemampuan, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jambi yang telah membuka kesempatan bagi para pesilat dalam mengembangkan kemampuannya,” ucap pria yang akrab disapa Mas Ismunandar.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Sunarno menyampaikan, kejuaraan PSHT Open Piala Gubernur 2024 diikuti oleh 860 peserta dari 2 kategori.

“Jumlah peserta ini merupakan suatu capaian yang luar biasa, kita berharap kedepannya PSHT dapat terus melaksanakan kejuaraan bergengsi,” kata Sunarno.

Adapun Juara Umum PSHT Open Piala Gubernur Jambi 2024, diantaranya adalah:

Untuk Kategori Pemasalan :

1. PSHT Kota Jambi,

2. PD.Ponpes Darul Arifin Jambi,

3. HIMSSI GP.

Sedangkan untuk Kategori Prestasi :

1. PSHT Kota Jambi A,

2. PSHT TH Fighter Tanjung Jabung Barat,

3. Persinas Asad Tri Sukses Boarding School.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube