DPRD Provinsi Jambi Godok Ranperda Disabilitas, Berikut Bunyinya?

BERITA JAMBI – Belum lama, DPRD Provinsi Jambi godok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Lantas, apa saja di dalamnya?

Kali ini, kabar gembira menghampiri saudara/i masyarakat penyandang Disabilitas di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Belum lama, DPRD Provinsi Jambi gagas Ranperda Pemenuhan Hak Disabilitas.

Benar saja, hal itu disampaikan langsung oleh Eka Marlina, selaku juru bicara seluruh Fraksi saat Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (18/09/2021).

Baca juga : Penyertaan Modal Bank Jambi Ditunda Hingga 2022, Ini Kata Gubernur

Eka menjelaskan, terdapat 3 prinsip yang mendorong terbentuknya Ranperda tersebut. Pertama, berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Kedua, berhubungan dengan kewenangan. Hingga yang ketiga, soal muatan lokal bagi penyandang Disabilitas.

“Bahwa, Ranperda ini merupakan Ranperda inisiatif dari Komisi IV DPRD Provinsi Jambi. Salah satu Ranperda, yang mendapat respon sangat baik, dari Pemerintah Provinsi Jambi,” tukas Eka Marlina.

Kesempatan Bekerja

Lebih lanjut, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, selain untuk menyempurnakan regulasi nasional hingga ke tingkatan Provini Jambi.

Tak ayal, Ranperda ini juga bertujuan untuk mengakomodir kesempatan bekerja bagi penyandang Disabilitas. Yang mana, Ia melihat negara mesti benar-benar hadir, dalam memberikan slot kepada masyarakat berkebutuhan khusus.

“Misalnya, terkait kewenangan. Kemudian, hak untuk mengakomodir pada dunia kerja. Lalu, hak pelayanan kerja dan pendidikan. Serta juga, hal lain yang memungkinkan, untuk memasukkan muatan lain untuk diberikan slot,” tambahnya.

Beasiswa Hingga S3

Tak hanya itu, jika disahkan menjadi Peraturan Daerah, Ia menjelaskan Provinsi Jambi merupakan daerah ke 15 dari 34 Provinsi yang memiliki Perda tentang Pemenuhan Hak Disabilitas.

Bilangnya, Ranperda tersebut juga memuat soal muatan lokal bagi penyandang Disabilitas di Jambi. Tak tanggung-tanggung, Ranperda ini juga mengatur tentang beasiswa, hingga tingkatan doktoral di Perguruan Tinggi.

“Ranperda ini nantinya hanya Provinsi Jambi, yang menjamin biaya pendidikan bagi penyandang Disabilitas, hingga strata 3 atau doktoral. Dan juga, insentif khusus bagi tenaga pendidik di tingkatan SLB (Sekolah Luar Biasa).” jelasnya. (Tr01)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube