Bupati Syahirsah Terima LHP Dari BPK RI Perwakilan Jambi

BATANGHARI – Bupati Batanghari, Syahirsah menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas kinerja dan belanja daerah di wilayah Provinsi Jambi tahun 2017 itu bertempat di aula kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi.

LHP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI, Parna. Tampak hadir pada penyerahan LHP, Ketua DPRD Batanghari H M Mahdan, Sekda Batanghari H Bahtiar, dan Kepala Inspektorat Kabupaten Batanghari Mukhlis.

LHP yang diserahkan kepada Bupati Batanghari itu diminta agar segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Batanghari.

Untuk diketahui, opini BPK termasuk opini WTP merupakan pernyataan profesional para pemeriksa keuangan mengenai kewajaran laporan keuangan.

WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya kecurangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan.

Meskipun demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan atau kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi kerugian negara, maka hal ini harus diungkap dalam laporan hasil pemeriksaan. (Akr)