Baru 1 Perusahaan, Gubernur Minta Batubara Diangkut Via Sungai

BERITA JAMBI – Perkembangan diangkut batubara via sungai masih bergulir, Gubernur Jambi Al Haris sebut baru 1 perusahaan angkut batubara via sungai, minta perusahaan lain menyusul.

Sebagai informasi, angkutan batubara terus menjadi perbincangan hangat. Hal ini lantaran, truk pengangkut batubara yang melintas di wilayah provinsi Jambi, terus menjadi sorotan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Al Haris menuturkan, pihaknya mulai menggalakkan diangkut batubara via sungai. Meski demikian, Ia mengakui baru satu perusahaan yang mengamini hal tersebut.

“Kalau batubara via sungai, hari ini baru 1 perusahaan yang menggunakan sungai, yaitu PT Nan Riang. Nah, kalau tidak salah sudah 2 tahun,” ungkapnya, Rabu (20/07/2022).

Minta Perusahaan Lain Ikut

Lebih lanjut, Al Haris menambahkan, angkutan batubara via sungai dinilai mampu mengurangi dampak kemacetan arus lalu lintas.

Sebab, dalam satu tongkang, mampu mengangkut sekitar 2.600 ton batubara. Itu artinya, setara dengan 325 unit truk batubara, yang hanya memperbolehkan mengangkut batubara 8 ton per unit.

“Kalau perusahaan lain mengikuti via sungai, saya kira akan mengurai kemacetan. Bayangkan, satu tongkang itu 2.600 ton, hitung berapa truk itu,” jelasnya.

Baca Juga : Peringati Hari Air dan Sungai, Gubernur Jambi Hapus PETI Ganti WPR

Sayangnya, dari sekian banyak perusahaan tambang batubara di Jambi, hanya 1 perusahaan yang mengangkut via sungai. Oleh karenanya, Ia meminta perusahaan lain untuk mencanangkan hal tersebut.

“Saya mencoba mengadopsi ini, dan saya minta perusahaan tambang lain untuk ikut,” tegasnya.

Gubernur yang populer dengan program Dumisake itu, tampaknya serius dalam mengatasi polemik angkutan batubara. Sebagai upaya menghimbau perusahaan lain ikut via sungai. Tak main-main, ia akan mengundang seluruh perusahaan yang ada.

“Saya akan undang, berapa orang yang mau ikut jalur air ini. Yang penting, dia punya pelabuhan dan stokpilenya.” tutupnya.

(Rpa)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube