Setahun Jadi Buron, Bu Kepsek Ini Akhirnya Dibekuk Kejagung

HUKRIM – Seorang Kepsek di Palembang akhirnya dibekuk Tim Kejagung, setelah jadi buron selama setahun. Ia sempat jadi DPO kasus dugaan korupsi dana BOS.

Sebelumnya, Nurmala Dewi (56) mantan Kepala Sekolah (Kepsek) di Palembang, yang sempat jadi buron selama setahun, akhirnya di tangkap Tim Tabur Kejagung. Tim bekerja sama dengan Kejati Sumsel dan Kejari Palembang.

Nurmala di amankan petugas, saat bersembunyi di Perumahan Bukit Indah Residence, Blok D 17, Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Selasa (14/9) sekira pukul 17.30 WIB.

Baca juga : Soroti Pembangunan Gedung Baru Bank 9 Jambi, Waka DPRD: Manfaatnya Apa?

Tersangka sendiri masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan buron selama satu tahun, atas dugaan penyelewangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD Negeri 79 Palembang.

Kasi Intel Kejari Palembang Budi Mulya SH MH menjelaskan, Nurmala Dewi di sangkakan melakukan tindak pidana korupsi,penyelewengan dana BOS SDN 79 Palembang tahun anggaran 2019.

“Tersangka ini pada tahun 2020 lalu kabur, saat di lakukan pemeriksaan perkara oleh tim penyidik Pidsus Kejari Palembang,” ungkap Budi.

Merugikan Uang Negara Ratusan Juta

Ia menjelaskan, perbuatan terdakwa di duga berpotensi merugikan keuangan Negara, senilai kurang lebih Rp 450 juta.

“Selanjutnya tersangka akan kita lakukan penahanan sementara di Polda Sumsel, selama 20 hari ke depan guna menjalani pemeriksaan,” terang Budi.

Bukan Cuma itu, tersangka Nirmala Dewi juga di jerat dengan dakwaan. Sebagaimana di atur dan di ancam dengan Pasal 2 atau Pasal 3, Undang-Undang Tentang Tindak Pidana Korupsi. Dengan ancaman pidana minimal lima tahun penjara.

Dari pantauan di lapangan, Nurmala yang mengenakan baju hijau serta di kawal petugas kejaksaan. Tersangka Nirmala Dewi, turun dari mobil sambil menundukkan wajah langsung bergegas menuju lantai II,ruang Pidana Khusus gedung Kejari Palembang.

Berita lain : Wacanakan Jalur Kereta Api Pengangkut Batu Bara di Jambi, Ini Kata Gubernur

Saat di tanya awak media mengenai perkara yang menjeratnya, tersangka Nurmala Dewi hanya memilih untuk diam.

Cik Ujang Effendi SH, kuasa hukum tersangka yang ikut mendampingi penangkapan mengatakan, bahwa saat ini dirinya hanya mendampingi terlebih dahulu.

“Karena malam ini baru di periksa oleh pihak kejaksaan mengenai identitas klien dahulu, untuk pendalaman materi kemungkinan akan di lakukan besok hari,” singkat Cik Ujang.

 

Sumber : Jpnn.com

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube