Wacanakan Jalur Kereta Api Pengangkut Batu Bara di Jambi, Ini Kata Gubernur

BERITA JAMBI – Kabar gembira, Provinsi Jambi bakal bangun jalur kereta api pengangkut Batu bara di Jambi. Berikut penjelasan Gubernur Jambi, Al Haris soal realisasinya.

Luar biasa, tampaknya misi pembangunan Gubernur Jambi semakin hari, makin membawa angin segar di tengah masyarakat.

Baca juga : Usai Paripurna Berlangsung, 2 Dewan Provinsi Jambi Nyaris Baku Hantam

Betapa tidak, di mulai dari kawasan ekonomi terpadu Sengeti, Tungkal dan Sabak (Sentusa). Kemudian wacana pendirian Kampus Maritim, turut menjadi cita-cita Gubernur Jambi.

Tak hanya itu, di sektor komoditas batubara juga menjadi perhatian Al Haris. Ini di nilai bisa mengurai kemacetan, yang di sebabkan kendaraan pengangkut Batubara.

Ia juga berencana membangun jalur kereta api, khusus pengangkut Batu Bara atau mutiara hitam tersebut.

Itu artinya, kedepan hasil tambang batubara akan dialihkan melalui kereta api, tidak lagi menggunakan truk pengangkut. Menarik dan di nanti-nanti bukan?

Benar saja, Al Haris saat di temui mengaku dalam waktu dekat ini, akan menghadap Menteri Perhubungan RI, dengan membawa secercah harapan soal pembangunan tersebut.

“Jadi gini, kita hari Rabu pagi akan menghadap Menteri Perhubungan. Di antara item yang kita hadapkan itu adalah, pertama Ujung Jabung, kedua soal kereta api. Kita masih mengharapkan kebijakan pusat itu,” benernya.

Kebijakan Presiden RI Soal Trans Kereta Api Sumatera, Tapi Masih Lama

Lebih lanjut, Bupati Merangin 2 periode ini menjelaskan, saat Pemerintah Pusat memiliki program pembangunan jalur kereta api trans sumatera.

Meski memang, Ia mengakui bahwa program tersebut masih lama untuk di realisasikan. Tak ayal, kedatangannya esok menghadap Menteri Perhubungan, berharap program tersebut dapat di percepat.

“Karena memang, kebijakan Presiden RI Pak Jokowi juga ada, trans kereta api sumatera. Tapi memang, targetnya mungkin masih lama. Nah kita, berharap itu percepat,” tambahnya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Kemudian, jika rencana pembangunan jalur kereta api pengangkut batubara itu di respon oleh Pemerintah Pusat. Maka, Ia telah memiliki konsep seperti yang terdapat di Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat.

“Dokumennya kita bawa ke Menteri Perhubungan. Kita ingin, Jambi ini tidak ada lagi kemacetan jalan, oleh batubara. Kalau pusat nanti setuju, kita menawarkan untuk membangun kereta api, jalur untuk angkutan batubara. Seperti yang di Sawahlunto, itu sudah ada.” (Tr01)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033