Pipa Pertamina Bocor, Keluar Air dan Lumpur? Ini Jawaban Pertamina

JAMBI – Diduga keropos, pipa milik Pertamina EP Asset 1 Field Jambi yang berada di Jalan Sunan Gunung Jati, Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Kamis (29/08/2019) sekitar pukul 16.00 Wib, bocor ke jalan. Minyak berserakan berikut dengan air dan lumpur.

Tim Pertamina membersihkan tumpahan itu, agar jalan tak membahayakan pengguna jalan di daerah tersebut.

M. Rizal Rukhaidan, Pertamina EP Asset 1 Legal & Relation Manager melalui Asisten Manager Legal Relation Pertamina EP Asset 1 Field Jambi, Ari Rachmadi saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebocoran tersebut.

Sehubungan dengan terjadinya kebocoran pipa air injeksi di daerah Simpang Tiga KAS-226, pihak Pertamina EP Asset 1 Field Jambi, menyampaikan bahwa benar telah terjadi kebocoran pipa air injeksi 3” (bukan pipa minyak), akibat kondisi pipa yang korosif.

“Bahwa fluida yang keluar bukanlah minyak melainkan air disertai lumpur ikutan. Pertamina EP Asset 1 Jambi Field telah melakukan penanganan sementara,” ungkapnya.

Saat ini, pihak pertamina sedang menyetop aliran injeksi ke sumur KAS-192, KAS-226, KAS-152 dan membersihkan jalan umum dari air dan lumpur ikutan tersebut, serta memonitoring titik kebocoran. Sebagai tindak lanjut berikutnya Pertamina EP akan melakukan penyisipan +/- 2 joint pipa sebagai pengganti bagian yang bocor.

Lantas, bagaimana dengan air dan lumpur yang berserakan dengan minyak itu? Bilangnya, hal itu memang bagian produksi.

“Jadi dalam setiap produksi minyak mentah dari sumur produksi itu gak murni minyak bang, tapi ada air dan lumpur juga. Nah setelah minyak dipisahkan (sudah murni minyak), air dan lumpur tadi diinjeksikan kembali ke dalam tanah untuk mendorong peningkatan produksi minyak,” bilangnya. (*)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube