Duhh.. 86 Desa Berada di Aliran Sungai, BPBD Batanghari : Waspadai Longsor

BATANGHARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari menghimbau warga agar dapat mewaspadai tingginya curah hujan belakangan ini. Potensi bencana longsor makin besar, mengingat prediksi hujan berlangsung hingga Maret.

“Tingginya intensitas curah hujan berdasarkan data yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MBKG) sepanjang bulan Februari hingga Maret 2019 membuat masyarakat harus mewaspadai akan kemungkinan terjadinya tanah longsor,” ujar Nazhar, Kepala Pelaksana BPBD Batanghari.

Diketahui bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) pinggiran Batanghari rawan akan terjadinya longsor, terutama pada tanah yang bersifat labil atau tebing yang curam. Masalahnya, terdapat 86 titik rawan longsor, di Bumi Serentak Bak Regam.

“Untuk titik rawan longsor di Kabupaten Batanghari hampir seluruh desa di daerah bantaran sungai. Terdapat 86 desa dari 7 kecamatan terkecuali kecamatan Bajubang Darat yang tidak ada sungai,” tutup Nazhar.

Sementara itu untuk tingkat siaga banjir berdasarkan pantauan BPBD hingga hari ini, Sabtu (09/02) masih pada posisi siaga IV atau aman, dengan ketinggian muka air sungai Batanghari 164 cm pada pukul 18.00 Wib. (Ali Kucir)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube