Darurat, Harga Sawit 17 Juni 2022 di Merangin Babak Belur

BERITA JAMBI – Harga sawit hari ini, Jumat 17 Juni 2022 semakin menurun di Merangin dan terancam babak belur. Tak ayal, petani menjerit dan semakin terjepit dengan harga pupuk.

Memang, pemerintah mencabut larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan produk turunannya pada 23 Mei lalu. Namun begitu, harga bukannya bertahan tapi malah merosot.

Kondisi ini salah satunya terjadi di Pamenang, Kabupaten Merangin. Harga sawit hanya berkisar Rp 1.330/kg.

Firdaus H Sianturi, politisi dan juga tokoh masyarakat setempat kecewa berat. Firdaus yang baru-baru ini dalam aksi demo petani sawit di Merangin, protes keras.

Harga Sawit di Merangin

Pasalnya, Sianturi bilang mayoritas pabrik di daerah ini membeli TBS sawit petani setempat dengan harga lebih murah. Harga ini tak sesuai harga penetapan tim perumus harga, Dinas Perkebunan.

“Hingga hari ini, harga TBS masih anjlok. Menteri Perdagangan harus bertanggung jawab. Kami meminta kepada bapak Presiden RI untuk segera mengambil sikap agar petani kelapa sawit tidak semakin menjerit,” katanya.

Kondisi ini makin memburuk, lantaran sejumlah PKS menolak pembelian sawit petani. Pabrik menolak membeli sawit petani dengan alasan tanki CPO penuh karena kesulitan menjual CPO.

Tak hanya menghadapi persoalan harga sawit yang rendah dan pabrik yang menolak, petani juga harus berhadapan dengan melonjaknya harga pupuk.

Baca Juga : Al Haris: Hibah Tanah Wujud Dukungan Pemprov Pada Kejaksaan

“Harga pupuk hampir 300 persen, Harga TBS telah anjlok sekitar 55-60 persen,” katanya kecewa.

“Harga TBS hari ini tanggal 17 Juni 2022 di PKS PT KDA Jelatang hanya dibayar 1330 rupiah, hancur semakin hari petani meledak menjerit,” katanya kecewa.

Seolah virus corona, karena harga sawit sekarang sama dengan covid 19 tutup masker. Namun anehnya, bilang Sianturi, pemerintah pusat terkesan tidak peduli.

“Kami sangat kecewa pada pemerintah pusat, kepada bapak Presiden pikir kan lah kami rakyat ini pak. Jangan bahas Pilpres atau partai harga bahan naik terus pupuk meroket,” katanya.

Sementara dari update harga sawit periode 17 hingga 23 Juni 2022 oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jambi kini berada di angka Rp 2.507,29/Kg. Harga ini naik dari periode sebelumnya sebesar Rp 35,39/Kg

Kenaikan harga sawit juga terjadi di Riau, periode 15-21 Juni. Melansir Infosawit, kenaikan harga sawit di Riau lebih tinggi dari Jambi yakni sebesar Rp 155/Kg

Baca Juga : Naik Tipis, Berikut Update Harga TBS Sawit di Jambi Periode 17-23 Juni 2022

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube