Candi Muaro Jambi Bakal Ditambah Wisata Air, Bupati Singgung DPR RI Soal APBN

BERITA JAMBI – Ajukan pembenahan peninggalan kanal kuno, yang akan di jadikan wisata air di Komplek Percandian Muaro Jambi. Bupati Masnah Busro, singgung bantuan APBN ke DPR RI.

Hal itu, di sampaikan langsung oleh Masnah Busro, Bupati Muaro Jambi dalam kata sambutannya pada penutupan Festival Candi Muaro Jambi, Sabtu (25/09/2021) di komplek percandian.

Baca juga : Masuk Kharisma Event Nasional, Festival Candi Muaro Jambi 2021 Resmi Di tutup

Masnah menjelaskan, pada festival yang ke-16 ini, Candi Muaro Jambi telah masuk dalam Kharisma Event Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Bilangnya, hal tersebut di peroleh atas potensi alam dan potensi sejarah di Kabupaten Muaro Jambi tersebut, telah di lirik oleh Menaprekraf Sandiaga Uno. Yang mana, Menparekraf menyatakan bahwa Candi Muaro Jambi, merupakan komplek percandian terluas se-Asia Tenggara.

Peninggalan Kuno

Tak hanya itu saja, tak jauh dari areal tersebut, bilangnya, terdapat sebuah peninggalan kanal kuno mengelilingi komplek candi tersebut.

“Kemarin, kita juga mengadakan lomba perahu menyusuri Sungai Batanghari. Alhamdulillah, Pak Joko juga hadir dari Kemenparekraf. Kita rencananya menyusuri, kanal danau lamo,” ungkap Masnah, saat beri kata sambutan.

Bilangnya, kanal yang di perkirakan sejak ratusan tahun lalu itu hanya bisa di lalui oleh perahu kecil. Sementara, kanal tersebut saat ini hanya bisa di lalui oleh perahu kecil, sepanjang 17 kilometer. Sehingga, kedepannya masih di perlukan pembersihan kanal.

Lihat juga : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Apabila kanal tersebut telah beroperasi, maka konsep wisata Muaro Jambi akan di tambah dengan wisata air. Tak ayal, pada kesempatan itu Ia menyinggung soal bantuan APBN, pada Anggota DPR RI A Bakri HM, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

“Akan tetapi, belum bisa dilalui dengan perahu besar. Jadi mohon, disini ada Pak Haji Bakri dari DPR RI. Mohon izin Pak Haji, kanal nanti bisa di tambah anggarannya dari pusat. Alhamdulillah, sudah terbuka sekitar  10 kilo, dan masih ada 7 kilo lagi, yang perlu diperbaiki,” tambahnya. (Tr01)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033