Bupati Safrial, Panen Raya Jagung di Pengolahan TPA

BERITA TANJABBAR  – Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Safrial Ms, melakukan panen raya jagung di pengolahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hasil dari pemanfaatan pertanian pupuk organik di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Betara, Selasa (9/2/21).

Dalam sambutannya pada panen raya jagung, Bupati Safrial mengatakan bahwa dengan adanya lahan pertanian organik tersebut, di harapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, juga melatih jiwa wirausaha petani petani kita,” Kata Safrial.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 di Tanjabbar, Bupati Tindak Tegas Bagi Pelanggar Prokes 

Ia menyebutkan bahwa, berkat kerja keras semua pihak baik PetroChina, SKK Migas dan DLH yang akhirnya bisa mendapatkan hasil seperti hari ini.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa memanen hasilnya,” ungkapnya.

Di samping itu, Ia meminta juga kepada DLH untuk melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi. Agar melakukan riset terkait dengan penggunaan pupuk organik cair,supaya lebih berkualitas pupuk nya dan menghasilkan pertanian berkualitas.

“Kita minta dinas DLH, pak Parjo bisa koordinasi dengan perguruan tinggi kedepannya,” pintanya.

Terkait pemasaran hasil pertanian nantinya, untuk Bumdes sekitar bisa juga menjadi sarana pemasaran selain dinas terkait.

Lihat Juga : Geger, Seorang Oknum Polisi Bertindak Brutal, Pemuda Ini Dipukul Hingga Babak Belur

“Kita sudah MoU dengan Pemkot Batam jadi hasil pertanian kita bisa langsung masuk Batam,” sebutnya.

Sementara itu, Kadis DLH Tanjabbar, Suparjo mengatakan rencana pertanian terpadu tersebut di inisiasi oleh DLH dan SKK Migas dengan pengolah lahan limbah cair.

“Memanfaatkan limbah cair yang di gunakan untuk pemupukan lahan pertanian,” katanya.

Manfaat Bagi Masyrakat

Ia menyebutkan bahwa, dengan rancangan pertanian organik tersebut di harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Hasil hari ini, berkat kerja keras semua pihak baik itu PetroChina yang bermitra dengan Mitra Aksi, tidak banyak yang kita laksanakan. Namun ini di harapkan dapat memberikan manfaat,” terangnya.

Lihat Juga Video : Jelang Tahun Baru, Gugus Tugas Sisir Cafe di Kota Jambi

Ia berharap agar pupuk organik cair, dari pengolahan sampah yang ada di TPA tersebut dapat di kembangkan lebih maksimal lagi.

“Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tutupnya. (hry)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube