3 Desa Tak Ingin Gabung, Pemekaran Kecamatan di Batang Asai Batal

SAROLANGUN – Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Sarolangun mewacanakan pemekaran kecamatan yang ada di bumi sepucuk adat Serumpun Pseko. Wacana tersebut yakni Kecamatan Mandiangin Timur pemekaran dari Kecamatan Mandiangin, dan Bathin Pengambang Pemekaran dari Kecamatan Batang Asai.

Saat ini Kecamatan Mandiangin Timur sudah di resmikan oleh Bupati Sarolangun H Cek Endra, bahkan roda pemerintahan sudah berjalan dengan semestinya, yang di nahkodai oleh Jarir sebagai Camat Definitif.

Baca juga : Wacanakan Jalur Kereta Api Pengangkut Batu Bara di Jambi, Ini Kata Gubernur

Untuk Pemekaran Kecamatan Batang Asai yang mana Bathin Pengambang, salah satu Daerah yang akan di mekarkan berbarengan dengan Mandiangin Timur terkendala. Sehingga pemekaran daerah tersebut di batalkan.

Pasalnya, syarat utama untuk melakukan pemekaran setidaknya 10 desa, tujuh desa sudah menyetujui tinggal tiga desa lagi.

Kepala Bagian Pemerintahan Imron saat di jumpai media ini di ruang kerjannya Selasa (14/09).

Ia mengatakan bahwa, Persyaratan pemekaran kecamatan itu menurut PP 17 tahun 2018 persyaratan kecamatan harus 20 desa minimal. Maka di mekarkan menjadi dua, yaitu 10 berlaku untuk wilayah kabupaten.

Wilayah Kota Administratif

Sedangkan wilayah kota administratif mekarkan kecamatan, cukup lima kelurahan. Jadi 10 kelurahan bisa dua kecamatan.

“Kendala kita di Bathin Pengambang itu cuma tujuh desa kita masih kekurangan tiga desa, dan desa tiga yang kita usulkan mereka tidak ingin bergabung dengan alasan jarak tempuh. Karena mereka lebih dekat dengan Gerabak ibu kota kecamatan Batang Asai,” Ujarnya.

Saat di singgung desa mana saja yang tidak ingin bergabung, Imron mengatakan jika dirinya tidak tau persis nama desa itu.

“Saya tidak tau persis desa apa saja yang tidak ingin bergabung tersebut, yang jelas tiga desa itu dekat dengan Gerabak.” Jelasnya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam hal ini di tangani oleh Asisten Pemerintahan, masih berupaya untuk melakukan pemekaran Kecamatan Batang Asai

“Tetap ada Upaya kita untuk melakukan pemekaran kecamatan Batang Asai itu tetap ada, kita sudah meminta kepada camat setempat untuk memfasilitasi tiga desa tadi untuk bisa bergabung. Jika perlu lebih malah itu lebih baik, supaya bisa merealisasikan untuk pemekaran. Namun sampai hari ini belum ada khabar dari camat setempat, kemungkinan besar camat belum bisa meyakinkan warga. Yakni di tiga desa tersebut, yang jelas kita masih berusaha,” tungkasnya. (Ajk)

 

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033