PPKM Bikin Anjlok, Berikut 3 Tips Berkembang di Masa Pandemi

BISNIS – Penerapan penyekatan atau pembatasan, berdampak besar pada sektor ekonomi. Kamu bisa mencoba 3 tips berkembang di masa pandemi oleh Himpunan Pengusaha berikut ini.

Banyak pengusaha yang mengalami keterpurukan lantaran adanya pembatasan mobilitas sehingga penjualan mengalami penurunan.

Karena itu, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPPHIPMI) membagi tips bagi para pengusaha agar dapat tetap berkembang di tengah pandemi.

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia melalui akun media sosial resminya, @bpphipmi, terdapat beberapa cara yang dapat para wirausahawan lakukan untuk bangkit dalam berbisnis.

Pertama, the mindset. Para pengusaha perlu mengubah cara pandang sebab bisnis tidak hanya berfokus pada produk atau jasa tetapi harus berorientasi terhadap pelanggan atau konsumen

Kedua, the shift. Tidak hanya memikirkan bagaimana cara menghadapi perubahan tetapi para pengusaha juga perlu lebih mencari apa yang akan tidak berubah minimal 10 tahun ke depan.

“Misalnya, apa yang tidak berubah meski telah terjadi pandemi?,” tulis BPPHIPMI dikutip Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga : Sebelum Pengetatan PPKM di Kota Jambi, Gubernur Serahkan Bantuan ke Pemkot

Terakhir, the practice. Praktik secara langsung dan konsisten akan membantu peningkatan skill. Para wirausahawan yang ‘melek’ atas skill yang dimiliki dan mau untuk berlatih. Meningkatkan kemampuan akan lebih memiliki peluang untuk bertahan dan berkembang.

Demikian 3 tips berkembang di masa pandemi. Semoga bisa bermanfaat dan pandemi segera berakhir

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube