Mengantuk Picu Kecelakaan Vanessa, Berikut Tips Atasi Ngantuk dan Penyebab MicroSleep

TIPS KITO – Artis Vanessa Angel tewas dalam kecelakaan fatal di Tol Nganjuk arah Surabaya. Mengantuk picu kecelakaan itu. Menghindari hal itu, simak tips atasi ngantuk dan kenali penyebab Microsleep

Peristiwa pada pukul 12.36 WIB, Kamis, 4 November 2021 karena sang sopir diduga mengantuk.

Melansir Tempo.co, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Komisaris Besar M. Latif membenarkan. Latif menjelaskan bahwa sang sopir mengantuk, sehingga membanting stir ke arah kiri.

Kronologi kecelakaan Vanessa Angel, mobil Mitsubishi Pajero yang mereka tumpangi, ringsek parah di bagian kiri. Terhitung, ada dua korban meninggal, yakni Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah. Sedangkan tiga korban lainnya mengalami luka.

Merangkum beberapa tips mengatasi ngantuk saat mengemudi mobil salah satunya dari situs resmi Auto2000.

Tips pertama yang harus dilakukan oleh para pengemudi adalah mempersiapkan kondisi badan tetap prima sebelum memutuskan untuk mengendarai mobil. Pastikan pula bahwa Anda tidak kurang tidur dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Selanjutnya, setiap pengendara mobil juga harus mengisi perutnya dengan sejumlah makanan bergizi. Namun, Anda tidak di sarankan untuk menyantap makanan terlalu kenyang. Karena, hal ini dapat memicu kantuk.

Segera Berhenti

Apabila rasa kantuk perlahan mulai menghampiri, maka sopir disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung sedikit kafein, seperti kopi. Namun jika hal itu tak mengurangi rasa kantuk, maka pengendara diwajibkan untuk beristirahat sejenak.

Para pengemudi yang ingin melakukan perjalanan jauh sangat disarankan untuk berhenti, karena hal itu bisa berakibat fatal. Mengingat, tak sedikit kecelakaan terjadi karena sang sopir mengantuk.

Jika memaksa untuk terus mengemudi, maka nantinya pengendara bakal kesulitan untuk menjaga fokus dalam perjalanan. Anda juga nantinya tidak bisa mengambil keputusan yang tepat ketika mendekati area berbahaya.

Baca Juga : Usai Mahasiswa Terlindas Fuso, Giliran 5 Mobil Tabrakan Beruntun di Muaro Jambi

Salah satu penyebab kecelakaan fatal di jalan raya yang perlu kita waspadai yakni microsleep saat berkendara. Pengendara yang kurang tidur atau kelelahan biasanya mengalami kondisi ini.

Di luar itu, microsleep juga rawan terjadi di jalan raya tanpa hambatan atau tol yang lengang. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada gangguan tidur ini, kenali apa itu microsleep, tanda, bahaya, serta cara mencegahnya.

Apa Itu Microsleep? Berikut Tips Atasi Ngantuk

Melansir WebMD, microsleep adalah sesi tidur singkat yang hanya berlangsung kurang dari 30 detik. Saking singkatnya, sejumlah orang yang mengalami microsleep kerap tidak menyadarinya.

Otak manusia umumnya baru bisa mengingat sesi tidurnya setelah istirahat lelap setelah satu menit.

Melansir beberapa sumber, Anda kemungkinan mengalami microsleep apabila:

  • Tiba-tiba kaget atau terbangun oleh sentakan tubuh dan kepala
  • Tidak menyadari apa yang baru terjadi, padahal tidak sedang melamun
  • Menguap terus-menerus
  • Kelopak mata sangat berat
  • Mata berkedip berlebihan
  • Tiba-tiba susah memproses informasi atau bingung ketika di ajak berkomunikasi
  • Arah kemudi tanpa di sadari keluar dari jalur

Mengantuk Picu Kecelakaan 16,5 Persen

Melansir Healthline, AAA Foundation for Traffic Safety memperkirakan sebanyak 16,5 persen kecelakaan fatal di jalan raya akibat pengemudi yang mengantuk, termasuk microsleep.

National Highway Traffic Safety Administration AS menyampaikan temuan sejenis. Otoritas setempat menyebutkan, kira-kira 6.000 kecelakaan fatal terjadi setiap tahun karena pengemudi mengantuk.

Microsleep saat berkendara sangat berbahaya bagi pengemudi dan mengancam keselamatan penumpang.

Pasalnya, ketika mata terpejam selama tiga detik dan kendaraan melaju dengan kecepatan 96 kilometer per jam, kendaraan bisa keluar jalur sampai nyaris 100 meter. Microsleep bisa saat berkendara bisa sangat berbahaya jika Anda membawa banyak penumpang.

Selengkapnya : Klik Disini….

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube