Lahan Kebun Plasma PTPN IV Regional 4 di Sungai Bahar Capai 22.000 Hektar

BISNIS – Luar biasa, ternyata lahan plasma binaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 Jambi (eks PTPN 6) di kawasan Sungai Bahar kabupaten Muaro Jambi miliki luas hingga 22.000 Ha dengan pola kemitraan Perkebunan Inti Rakyat (PIR).

“Luas kebun plasma pola kemitraan kami dengan Rakyat di Sungai Bahar Muaro Jambi mencapai 22.000 Ha. Kebun ini mencapai 95 persen dari kebun inti kami yang hanya 4400 hektar,” kata Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTPN IV Regional 4 Jambi, Muhammad Ridwan, Jumat (19/01/2024).

Menurut Ridwan, saat ini kawasan Sungai Bahar kabupaten Muaro Jambi yang mencakup Kecamatan Bahar Utara, Bahar Selatan, Sungai Bahar dan Bahar Tengah.

Terdapat 22 unit perkebunan PIR serta pemukiman warga dan perusahaan serta Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PTPN IV Regional 4 serta perusahaan swasta lainnya

“Tiap unit di Sungai Bahar ini miliki 500 s.d 1200 hektar kebun plasma dan lebih seribu petani pemilik lahan, Kami punya 4.400 Ha kebun inti dengan dua unit kebun serta 3 (tiga) Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Sungai Bahar,” papar Ridwan.

Dikatakan, luasnya kebun plasma ini lantaran sejak pertama kali dibuka pada tahun 1980 menjadi tempat tinggal transmigrasi dan pola pembukaan areal kebun kelapa sawit.

Pola kemitraan dengan sistem plasma pola PIR Trans dan PIR Bun saat ini sudah memasuki masa generasi ke 2 dari plasma PIR terdahulu.

“Kemitraan dengan Rakyat sejak lama, sejak awal Sungai Bahar ditanami kelapa sawit. Saat ini Rakyat yang ingin menjalin kemitraan dalam program pemerintah terus bertambah. Jadi jangan heran kalau luasnya mencapai 22.000 Ha.

Baca Juga : PTPN IV Bantu Banjir Jambi, Bagikan Ratusan Paket Bantuan

Lanjut ridwan, tahun 2023 lalu telah di tandatangani kesepakatan bersama antara PTPN IV Regional 4 (eks PTPN VI) dengan Bahar Satria, KUD Tani Jaya Reformasi dan, Gapoktan Mulya Indah untuk peremajaan kebun plasma PIR

“Bahkan kesepakatan ini juga mencakup hingga teknis pelaksanaan di lapangan seperti menandatangani kesepakatan penyediaan Bibit Kelapa sawit dengan PT Eluon Solution Indonesia yang langsung dihadiri Direkturnya, Ny Tuti. PT Eluon Solution Indonesia adalah perusahaan penyedia bibit sawit yang terakreditasi,” tutup Ridwan.

Hingga akhir tahun 2023 lalu PTPN IV Regional 4 (eks PTPN VI) telah mereplanting 235 Ha dan menanam 97 Ha serta saat ini telah menunggu penandatanganan PKS replanting seluas 168 Ha. Yang terletak di Desa Panca Bakti, Desa Bakti Mulya, Desa Marga Manunggal.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube