Jadi Sorotan Fraksi di Merangin, Begini Penjelasan Penyertaan Modal Bank Jambi

BERITA MERANGIN – Penyertaan modal pemerintah ke PT Bank Jambi, menjadi perhatian dalam pekan ini. Terutama di Merangin jadi bahasan dan sorotan fraksi di DPRD Merangin, berikut penjelasan penyertaan Modal Bank Jambi.

Sebagaimana berita sebelumnya, penyertaan modal ini menimbulkan cekcok di DPRD Provinsi Jambi yang kemudian berbuntut penundaan Ranperda. Sementara di DPRD Merangin, setidaknya 3 fraksi memberikan tanggapan tajam dan sorotan terhadap penyertaan modal bank ini.

Baca juga : Penyertaan Modal Bank Jambi, Fraksi : Sedangkan Merangin Minjam ke PT SMI

Terkait hal ini, Deni Karyadi, Pimpinan Kantor Bank Jambi Cabang Bangko memberikan penjelasan terkait penyertaan modal Rp 54 Milyar itu.

“Rp 54 Milyar itu, berupa uang dan aset. Aset ini kita perhitungkan, mana saja yang akan jadi modal,” katanya pada Dinamikajambi.com, Jumat (16/9/21)

Penyertaan modal itu juga, tidak langsung sekaligus. Namun secara bertahap hingga tahun 2024 mendatang.

Deni juga menyebutkan, pihaknya mengusulkan tambahan modal Rp 6 Milyar untuk tahun ini.

Mengenai deviden yang menjadi pertanyaan Fraksi Gerindra dalam Rapat Paripurna, Deni mengungkapkan adanya surplus.

“Mengenai keuntungan yang sudah dapat, surplus Rp 55 Milyar,” katanya.

Angka itu merupakan deviden dari penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Merangin sebelumnya, Rp 39 Milyar. Sementara deviden pada 2020, sebesar Rp 6,2 Milyar masuk ke kas daerah.

Berita lain : Dewan Pertanyakan Kerangka Regulasi Pemprov Ingin Berikan Modal Pada Bank Jambi

BUMD Perbankan milik Jambi itu memiliki modal setor per 31 Desember 2020 sebesar Rp 768.316.500.000 dari pemegang saham yakni Pemerintah Provinsi Jambi dan 11 kabupaten/kota.

Penyertaan modal dari Merangin sendiri terbesar yakni Rp 54 Milyar, sementara Pemprov Jambi Rp 40 Milyar berikut Muaro Jambi dengan angka yang sama. Dengan 54 Milyar dan penyertaan modal sebelumnya Rp 39 milyar, menjadi Rp 93 Milyar.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube