Harga Sawit di Jambi Diprediksi Bakal Meledak, Petani Siap-Siap Kaya Raya

BERITA JAMBI – Kabar gembira, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agus Rizal memprediksi harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, bakal meledak di tahun 2022 mendatang. Petani yang memiliki kebun yang satu ini, siap-siap saja kaya raya.

Hal ini, di ungkapkan Agus Rizal pada Senin, (06/12/2021) bertempat di Kantor Gubernur Jambi. Kadisbun menuturkan, harga kelapa sawit usia 10 tahun hingga 20 tahun di Jambi, saat ini mencapai Rp. 3.370 Rupiah/kg.

Baca juga : Jelang Nataru, Harga Cabe Rawit Naik di Kota Jambi, Cek Di sini

Kendati demikian, Ia beranggapan harga tersebut cenderung mengalami penurunan sementara. Yang mana, sebelumnya sempat mencapai Rp. 3.400 Rupiah/kg.

“Saat ini, berkisar 3.370 rupiah per kilo. Memang, kita lihat dari harga itu, ada penurunan sedikit. Meskipun begitu, petani masih merasakan kegembiraan,” ungkapnya.

Sawit Mulai Gencar Dilirik Jadi BBM

Lebih lanjut, Agus menambahkan, kenaikan harga tersebut disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan pasar dunia. Betapa tidak, saat ini beberapa perusahaan mulai memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM), berbahan dasar kelapa sawit.

Tak tanggung-tanggung, Ia memprediksi pada 2022 mendatang, harga Tandan Buah Segar (TBS) bakal pecah di angka Rp 4.000 Rupiah/kg.

“Kebutuhan pasar saat ini, kita amati meningkat signifikan. Kenapa demikian, beberapa perusahaan mulai menemukan inovasi BBM berbahan dasar kelapa sawit. Misal, Aftur, Bio Solar di Sungai Lilin Sumsel sudah di mulai. Bisa saja, pada tahun depan bakal mencapai 4000,” bebernya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Atas hal itu, Agus juga beri beberapa tips bagi para petani. Adapun tips tersebut yakni, diantaranya memisahkan TBS sesuai usia masing-masing. Sehingga, penentuan harga oleh pabrik mencapai angka maksimal.

“Misal, usia 10 hingga 20 tahun jangan di gabung dengan yang usia 5 tahun. Tentu, kedua usia tersebut bervariasi harganya. Kalau di gabung, biasanya pabrik tentukan harga di bawah standar usia.” tutupnya. (Tr01)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033