Harga Sawit di Jambi Bakal Capai 4 Ribu, Warganet : Sembako dan Pupuk Juga Meledak Bos

BERITA BISNIS – Kabar harga sawit bakal meledak hingga capai Rp 4 ribu perkilonya di tahun 2022 mendatang, sempat hebohkan media sosial se jambi hangat ini.

Betapa tidak, harga TBS yang diprediksikan bakal tembus di angka tertinggi ini pun, mendapat tanggapan hebat dari warganet. Salah satunya harga pupuk dan sembako yang ikut menjadi sorotan. Kok bisa?

Sebelumnya, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agus Rizal baru-baru ini yang memprediksi harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, bakal meledak pada 2022 mendatang.

Baca juga : Harga Sawit di Jambi Di prediksi Bakal Meledak, Petani Siap-Siap Kaya Raya

Menanggapi hal tersebut, beberapa warganet ikut antusias lontarkan berbagai komentar.

Seperti yang di sampaikan akun Facebook @Nahw***, yang menyebutkan harga pupuk juga ikut melambung, dalam kolom komentarnya di unggahan halaman akun FB Dinamika Jambi.

“Harga pupuk yang melambung boss,” tulusnya.

Selanjutnya juga muncul komentar dari warganet, yang mengatakan bahwa harga sembako seperti minyak sayur, yang juga meledak. Sehingga harga sawit yang naik, bagaikan setimpal dengan harga pangan yang ikut melonjak.

“Yang petaninya boleh kaya Raya, yang gak punya sawit cuma dapat harga minyak sayur yang tambah meledak. Kasian kan,” tulisnya.

Buah Trek

Di samping itu, dari beberapa unggahan lainnya di halaman Dinamika Jambi soal harga sawit, juga ada yang berkomentar tentang buah sawit yang saat ini trek. Sehingga kenaikan, di nilai tidak maksimal di rasakan di sebagian petani.

Dalam berita sebelumnya, harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, di prediksikan bakal meledak pada 2022 mendatang.

Betapa tidak, bilangnya harga kelapa sawit usia 10 tahun hingga 20 tahun saja, saat ini mencapai Rp. 3.370 Rupiah/kg.

“Saat ini, berkisar 3.370 rupiah per kilo. Memang, kita lihat dari harga itu, ada penurunan sedikit. Meskipun begitu, petani masih merasakan kegembiraan,” ungkapnya.

Bilangnya, kenaikan harga tersebut juga di sebabkan oleh meningkatnya kebutuhan pasar dunia. Di mana, saat ini beberapa perusahaan mulai memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM), berbahan dasar kelapa sawit.

Ia pun memprediksikan pada 2022 mendatang, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit ini bakal pecah di angka Rp 4 ribu perkilonya.

“Kebutuhan pasar saat ini, kita amati meningkat signifikan. Kenapa demikian, beberapa perusahaan mulai menemukan inovasi BBM berbahan dasar kelapa sawit. Misal, Aftur, Bio Solar di Sungai Lilin Sumsel sudah dimulai. Bisa saja, pada tahun depan bakal mencapai 4000,” bebernya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Untuk itu, Ia menyarankan kepada petani agar memisahkan TBS sesuai usia masing-masing. Sehingga, penentuan harga oleh pabrik mencapai angka maksimal.

“Misal, usia 10 hingga 20 tahun jangan digabung dengan yang usia 5 tahun. Tentu, kedua usia tersebut bervariasi harganya. Kalau digabung, biasanya pabrik tentukan harga dibawah standar usia.” tutupnya. (Red)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033