Harga Emas Melonjak Usai Invasi Rusia ke Ukraina

BISNIS – Laman berita nasional tengah ramai dengan situasi di Ukraina. Invasi Rusia ke Ukraina, Kamis (24/2/2022) membuat Harga emas melonjak lebih dari 2 persen ke level tertinggi bahkan lebih dari setahun.

Memburuknya situasi di kawasan Eropa itu, berdampak pada pasar logam mulia. Melansir Reuters, harga emas spot melonjak 1,9 persen menjadi US$1.943,86 per ons troi pada 0428 GMT.

Ini level tertinggi sejak awal Januari 2021. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 2% menjadi US$1,.949,20.

Sementara itu, Investor bergegas ke tempat yang aman setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina, bisa menjadi awal perang di Eropa.

Melansir Tvonenews, pasukan Rusia menembakkan rudal ke beberapa kota Ukraina dan mendaratkan pasukan di pantai selatannya.

Keterangan pejabat dan media, penembakan rudal itu setelah Presiden Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur.

Dalam sebuah tweet, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, Rusia telah meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina. Invasi itu menargetkan kota-kota dengan serangan senjata.

Harga Emas Terbaik 

Harga emas telah naik sekitar 8% pada bulan Februari sejauh ini dan ditetapkan untuk kenaikan bulanan terbaik sejak Juli 2020.

“Emas akan kembali dengan sendirinya sebagai aset save haven dan saya tidak mengesampingkan harga tertinggi sepanjang masa dalam beberapa minggu ke depan,” kata Jeffrey Halley, analis pasar di OANDA dalam sebuah catatan.

Saham global dan imbal hasil obligasi AS turun, sementara dolar dan harga minyak meroket lebih tinggi.

“Sanksi apa pun yang diterapkan Barat tidak akan benar-benar mempengaruhi Rusia seperti yang diharapkan Barat … Barat berada di belakang kaki di sini dan itulah alasan bagus lainnya mengapa emas naik karena itu benar-benar risk-off. lingkungan,” kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index.

Di tempat lain, harga spot naik 1,6% menjadi US$24,91 per ons troi, platinum naik 0,5% menjadi US$1.097,01, dan paladium melonjak 2% menjadi US$2.530,42. (ito)

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube