Akhir Pekan, Sejumlah Jalan Lintas di Jambi Macet Mengular

BERITA JAMBI – Jalan lintas di Provinsi Jambi semakin berlarut dengan macet dan kemacetan. Keruwetan semakin mengkhawatirkan dan merugikan penguna jalan, seperti akhir pekan ini Sabtu 21 Mei 2022.

Pantauan awak media ini, kawasan Mendalo menuju Kota Jambi mengalami kemacetan parah. Mengular berkilo-kilo.

Sebagaimana pantauan di lapangan, kemacetan mulai dari ruas jalan Simpang 3 Aur Duri. Sementara dari arah Kota Jambi, juga mengalami kemacetan tepatnya di eks gapura perbatasan Simpang Simpang Rimbo.

Menurut keterangan salah satu pengendara sepeda motor, Daniel menuturkan, kemacetan tersebut terjadi lantaran sebuah truk pengangut CPO mengalami kerusakan.

“Tadi kami lewat, ada truk CPO tronton rusak di depan perumahan masurai. Kalau dari kota, sebelum Citra Raya, di tikungan mobil itu,” tukasnya.

Pantauan di lapangan, truk CPO tersebut mengalami kerusakan pada bagian ban. Yang mana, sang supir tampak sedang berupaya memperbaikinya.

Jalan Lintas Jambi Macet

Solusi pembenahan akses publik ini tak kunjung berjalan, setidaknya sebagaimana yang terjanjikan ke publik. Ini tergambar jelas dari lalu lintas batubara yang masih semrawut.

“Kami terjebak 4 jam. Perjalanan 5-6 jam jadi 10 jam. Terbayangkan, bagaimana rasanya mengantri. Waktu terbuang sia-sia, biaya makin membengkak,” kata Meriza.

Baca Juga : Warganet Menangis, Lihat Aksi Sopir Bus Mengekor Nenek Dorong Sepeda

Antrian panjang dengan tumpukan kendaraan batubara ini telah berlangsung bertahun-tahun dari simpang Tembesi hingga ke Kota Muaro Bulian. Tak jarang, antrian hingga 5-8 km bahkan lebih.

Belakangan, ada pula kebijakan pembatasan angkutan batubara dari luar daerah. Aturan ini tentu saja membuat gesekan sopir lokal dan luar.

“Bukan tak mungkin, kalau kita dari Jambi ini dapat balasan dari mereka (Sopir luar,red). Seharusnya, aturan ini berjalan pelan-pelan. Data dulu, kasih kesempatan sopir mengumpulkan uang untuk mengurus pajak,” celoteh Gunawan, salah satu sopir.

“Pemerintah itu, urus jalan. Tambahin jalan,” pungkasnya.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube