Usai Gubernur Angkat Bicara, Kali Ini Mantan Bupati Kritik Keras Dihancurkannya Tugu Monas

JAMBI – Gelombang penolakan penggantian Tugu Jam dengan Tugu Keris Siginjai, terus bergulir. Setelah Gubernur Jambi, Zumi Zola angkat bicara, kali ini penolakan datang dari Usman Ermulan, tokoh masyarakat sekaligus politisi senior di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Mantan Bupati Tanjung Jabung Barat ini, mengaku mengikuti perkembangan pembangunan Tugu yang menghabiskan uang negara senilai Rp 3,5 Milyar. Ia setuju pembangunan Tugu Keris, tapi bukan dengan menghancurkan Tugu yang sudah ada.

“Saya melihat pemberitaan akan dirobohkannya Tugu Jam. Banyak sekali penolakan. Kenapa harus dibangun disana? Tugu ini kan dibangun puluhan tahun silam. Orang sudah berjuang, Enak saja mau dihancurkan. Ada perjuangan untuk membangunnya. Ini datang petantang petenteng main ganti. Enak saja,” kecam Usman saat disambangi di kediamannya, Rabu (19/7) siang.

Kalau memang akan dibangun di Kota Baru, Usman tetap mendukung. Ia menyarankan untuk dibangun di sekitaran Tugu saat ini. Sehingga bisa berdampingan.

“Pokoknya jangan dihancurkan. Mau dibuat disamping. Atau didepan, biar berdampingan dengan Tugu saat ini, tidak apa apa. Atau sekalian, Walikota buat Kota Baru lagi,” geramnya seraya menambahkan konsep pembangunan Pemkot tidak jelas.

Usman sesalkan penghancuran Tugu Jam untuk digantikan Tugu Keris Siginjai. Menurutnya, masih banyak ruang di Kota Jambi
Usman sesalkan penghancuran Tugu Jam untuk digantikan Tugu Keris Siginjai. Menurutnya, masih banyak ruang di Kota Jambi

Usman mendukung besar aksi penolakan. Menurutnya, masyarakat tidak boleh diam dengan hal ini. Sebab, ini menyangkut harga diri dan nilai sejarah dan budaya.

“Sekalian diduduki saja Tugu Monasnya. Macam tidak ada tempat lain saja,” katanya.

Sementara pantauan Dinamika Jambi, Rabu (19/7) kawasan Tugu Jam sudah dipagari seng. Aktifitas proyek yang dikerjakan PT Delta Bumi Hatten tersebut mulai meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.