UPTD BBI Merangin Kebanjiran, Benih dan Indukan Ikan Terbawa Arus

BERITA MERANGIN – Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Merangin, Minggu (26/9/21) dinihari menyebabkan banjir. UPTD BBI Merangin turut kebanjiran, benih dan indukan ikan turut terbawa arus.

Informasi yang terangkum awak media, kolam ikan para peternak ikan turut terendam banjir di banyak wilayah seperti di Sungai Kapas maupun Kota Bangko.

Sementara di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Merangin, luapan air masuk ke sekitar pukul 06.00 Wib hingga menimbulkan banjir alias merendam banyak kolam ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Merangin, Moh Damay membenarkan informasi tersebut. Ia bahkan sudah berada di lokasi, ketika banjir memasuki UPTD.

“Air sudah meluap sekitar pukul 06.00 Wib. Kalau hujan, sekitar jam 04.00 Wib. Begitu air meluap, saya meluncur kesana,” terangnya.

Baca Juga : Sekejap Bisa Jadi Jutawan, Berikut Perbedaan Nilai Ekonomi Sawit dan Pinang

Bilang Damay, hujan merendam 95 persen kolam ikan yang ada di UPTD. Kolam tersebut berisikan ikan Nila, Lele, Gurami dan sebagainya. Baik untuk benih ikan, maupun kolam untuk indukan.

“Peralatan-peralatan juga mungkin hanyut. Setelah air surut, baru bisa kita cek,” katanya.

Tak hanya itu, rumah tempat pekerja di UPTD BBI Merangin juga turut kebanjiran. Terpantau pula, kendaraan dinas turut terendam banjir.

Air mulai terlihat surut sekitar pukul 09.00 Wib. Meski demikian, air masih deras di aliran sekunder.

Lantas, bagaimana solusi untuk kejadian tersebut? Mungkinkah butuh normalisasi aliran sungai? Pasalnya memang, aliran air berasal dari banyak titik termasuk perkebunan sekitar.

“Begitulah, mungkin juga. Bagaimana antisipasi ke depan,” katanya.

(Red)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube