Tips Memilih Laptop untuk Pelajar agar Selalu Produktif

Tips Memilih Laptop untuk Pelajar agar Selalu Produktif. Berkembangnya zaman digital saat ini, banyak sekali tugas-tugas, yang dapat di selesaikan secara cepat menggunakan teknologi informasi. Salah satunya yaitu tugas sekolah atau kuliah yang di kerjakan dengan sarana laptop.

Hal ini tentu saja membuat laptop menjadi kebutuhan primer mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Hanya saja, memilih laptop yang sesuai kebutuhan tentu tidaklah mudah. Anda perlu mengetahui apa saja kriteria laptop yang sesuai untuk pelajar.

Mengapa harus memperhatikan spesifikasi laptop untuk pelajar?

Terkadang untuk tugas-tugas tertentu membutuhkan tambahan perangkat pendukung. Misalnya saja apabila kita memiliki tugas mengedit foto dan video, minimal membutuhkan RAM 4 GB ke atas. Agar lebih lancar, sesuai resolusi yang di butuhkan. Atau ketika ingin mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan sehingga butuh membuka dua sampai empat software sekaligus akan berisiko lagging jika RAM tidak di tambah.

Baca juga : 3 Napi Jambi Di pindahkan Ke Nusakambangan

Dalam pembahasan kali ini, merupakan tips memilih laptop pendukung online learning, yang sesuai kebutuhan Anda.

7 Tips Memilih Laptop bagi Pelajar Agar Tetap Produktif

Selama beberapa tahun belakangan ini, Indonesia sudah menerapkan pembelajaran berbasis daring. Selain kebutuhan akan handphone untuk mudah berkomunikasi, laptop juga menjadi kebutuhan utama untuk menjalani proses kegiatan belajar mengajar.

Apalagi bagi Anda yang suka mengerjakan secara multitasking, tentu membutuhkan laptop dengan kemampuan lebih gahar menjadi hal yang perlu di pertimbangkan. Berikut ulasan yang patut di simak dari pilihan laptop, yang cocok sesuai kriteria berikut ini.

Pilihlah Sesuai Dengan Ukuran

Dalam rekomendasi perangkat teknologi informasi ini, hal yang paling utama adalah menyesuaikan ukuran. Meski pembelajaran di lakukan secara daring, mungkin Anda ingin membawanya ke tempat-tempat yang nyaman untuk proses belajar. Misalnya saja seperti area yang menyediakan WiFi, atau mengerjakan tugas kelompok ke rumah teman. Sehingga pemilihan ukuran yang minimalis bisa menyesuaikan mobilitas Anda.

Untuk ukuran yang cukup ringan, Anda bisa memilih laptop dengan ukuran 11 inch. Namun, apabila memilih ukuran 14 inch, Anda bisa memilih laptop dengan desain yang slim.

Kinerja Prosesor

Dalam hal spesifikasi laptop untuk pelajar, kinerja prosesor ini sangat penting di pertimbangkan. Prosesor atau CPU merupakan otak dari laptop. Sehingga ia dapat menentukan respon yang tepat, sebuah program terinstal dalam laptop.

Anda disarankan untuk memilih prosesor generasi terbaru seperti Intel Core i5 keatas, agar beban kerja laptop semakin ringan. Namun, apabila budget terbatas, Intel Core i3 di rasa cukup di gunakan oleh pelajar.

Menentukan Besarnya RAM

Sama halnya seperti prosesor, RAM ini mengoptimalkan kinerja laptop. Semakin besar ukuran RAM, Anda bisa dengan menjalankan software semakin ringan.

Namun, sesuaikan juga dengan kebutuhan tugas yang Anda kerjakan. Untuk tugas yang memerlukan software berbasis office, RAM 4 GB sudah cukup digunakan. Sedangkan untuk tugas dengan software seperti Adobe memerlukan RAM mulai dari 8 GB hingga lebih agar lebih ringan mengoperasikan program.

Menentukan Jenis Harddisk

Jika Anda menginginkan pemrosesan data lebih lancar, wajib menentukan jenis Harddisk yang direkomendasikan. Ada 2 jenis penyimpanan, yaitu HDD dan SSD. Dua jenis tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Untuk jenis HDD merupakan jenis yang sering digunakan dan harganya cukup terjangkau, tapi apabila Anda menginginkan performa yang cepat dan dengan build quality yang kokoh bisa memilih jenis SSD. Harga SSD lebih tinggi 2-3 kali lebih tinggi dibanding HDD berbanding lurus dengan kualitas dan ketahan fisiknya.

Tentukan Resolusi Layar

Semakin luas layarnya, semakin mudah juga untuk Anda mengerjakan tugas secara multitasking. Kami menyarankan ukuran resolusinya 1920 x 1080 atau full HD. Tidak perlu merasa khawatir, laptop model terbaru saat ini telah memiliki resolusi yang mumpuni ramah untuk mata.

Sesuaikan Dengan Budget yang Ada

Dari rangkaian tips memilih laptop, tentunya menyesuaikan budget adalah tindakan paling bijak. Apabila tugas Anda memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi, tentu dana yang disiapkan juga lebih banyak. Namun, apabila tugas Anda cukup ringan dikerjakan, laptop dengan spesifikasi minimalis seperti RAM 4GB dan prosesor core i3 sudah cukup membantu pekerjaan. Jadi, sebelum membeli pastikan dulu keperluan apa yang akan diwujudkan dan total anggaran yang akan dibelanjakan.

Pastikan Ada Garansi Pembelian

Untuk mendapatkan garansi, tentu saja membeli di toko official store atau distributor resmi brand tersebut adalah suatu kewajiban. Mengapa demikian? Karena dengan adanya garansi berarti barang yang kita beli telah terverifikasi orisinalitas produknya.

Anda tidak perlu khawatir barang abal-abal apalagi ditipu oleh penjual. Bahkan ketika terjadi masalah pada barang, Anda cukup membawanya ke kantor cabang produk resmi untuk klaim garansi di daerah terdekat. Dengan catatan selama batas waktu garansi belum habis.

Selain ulasan diatas saran lainnya yaitu pastikan juga laptop yang Anda beli sudah terpasang OS original yang diperlukan. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstall sendiri. Untuk OS Windows yang lebih mudah digunakan untuk keperluan pelajar, kami sarankan menggunakan versi terbaru. Seperti versi Windows 8 atau Windows 10.

Semoga tips memilih laptop untuk pelajar di atas bisa membantu Anda menemukan laptop sesuai keperluan. Untuk keperluan pelajar, Anda bisa menemukan berbagai jenis laptop di Blibli, yang merupakan penyedia layanan e-commerce di Indonesia dan sangat terpercaya. Sehingga Anda dapat menemukan berbagai barang berkualitas seperti laptop maupun barang elektronik lainnya.

Blibli menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pokok hingga tren gaya hidup. Blibli telah berkomitmen untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan belanja kepada konsumen.

Jika ingin mencari laptop berkualitas untuk pelajar, Anda bisa memilih produk merek Asus, brand ternama yang juga menjual perangkat smartphone dan peralatan elektronik lainnya. Di Blibli, Anda bisa mendapatkan berbagai varian laptop Asus yang sesuai dengan kebutuhan tugas-tugas Anda.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube