Terkait CSR, Bupati Tanjabbar Minta Perusahaan Jujur dan Terbuka

TANJABBAR – Bupati Tanjabbar Anwar Sadat, meminta perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLP terbuka dan jujur soal CSR. Apalagi dalam menyampaikan besar keuntungan, agar realisasi dan bersikap fair dalam mewujudkan CSR.

Hal itu sampaikan Bupati saat membuka Rapat Kerja (Raker) dengan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Baca juga : Sambangi Kota Jambi, Ini Pesan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim

“Pemkab Tanjabbar telah membuka ruang untuk penguatan-penguatan perusahaan. Karenanya, perusahaan juga di tuntut kejujuran menyampaikan seberapa besar keuntungan, realisasi dan bersikap fair dalam mewujudkan tanggung jawab perusahaan CSR. Sehingga perusahaan nyaman dalam berproduksi di Tanjabbar,” ungkapnya.

Kata Bupati, berdasarkan data bahwa realisasi pada 2020 ada penurunan, dalam CSR perusahaan di Tanjabbar.

Untuk itu, Ia menegaskan berdasarkan Perda perusahaan harus menyelaraskan dengan program pemerintah. Agar bisa di ukur pertanggungjawaban sosial, yang di lakukan perusahaan.

“Meminta perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program TJSLP, agar memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.” tegasnya.

Kemudian, soal program yang di jalankan bisa sinkron dan terintegrasi, dengan program yang di rencanakan Pemkab.

Sebab, dampak program di laksanakan melalui CSR perusahaan selama ini, di nilai belum optimal dan masih bersifat karitatif saja oleh Bupati Tanjabbar.

“Saya berharap kalangan dunia usaha dapat menjadikan program CSR, sebagai salah satu bentuk investasi, bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan. Bukan menganggapnya sebagai komponen biaya semata, melainkan sarana meraih keuntungan.” Sebutnya.

Perusahaan Bisa Komitmen

Ia juga menegaskan, kepada perusahaan jadikan CSR sebagai komitmen, untuk mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan.

“CSR di Tanjabbar di atur lewat Perda untuk meminimalisir, dari orang yang tidak bertanggung jawab. Penggunaannya di audit jadi akan sulit untuk di salahgunakan, termasuk oleh Bupati sekalipun. Dana CSR langsung masuk ke Sekretariat Forum TJSLP,” imbuhnya.

“Sekali lagi, kami menggugah bapak/ibu, untuk saling bahu membahu bekerjasama membangun Tanjabbar,” timpalnya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Sementara itu, Ketua Forum TJSLP, Pimpinan Petrochina Jabung, yang di wakili Comdev Supervisor, Yulian khusus pihaknya Petrochina sangat mendukung Forum TJSLP. Karena sesuai dengan Pedoman Tanggung Jawab Sosial, Perusahaan Industri SKK Migas.

“Setuju program-program CSR harus sinergi dengan Pemda, prioritas kita yang berada di ring 1 perusahaan. Tapi PetroChina pernah adakan program CSR, di luar ring 1. Seperti di seberang kota berupa pembangunan pustu. Petrochina selaku ketua forum TJSLP, mengajak kawan kawan perusahaan juga bisa berkontribusi di luar ring 1 perusahaan,” tukasnya. (hry)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033