Tanggapi Pandangan Umum Fraksi Soal 2 Ranperda, Ini Kata Bupati

SAROLANGUN – Jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi fraksi DPRD tentang 2 Ranperda Kabupaten Sarolangun triwulan ke-2 tahun 2021, Selasa (31/08/2021).

Kedua Ranperda tersebut yakni Ranperda tentang pengelolaan keuangan daerah, dan Ranperda Perlindungan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (PLP2B).

Baca juga : Jelang Seleksi CPNS 2021, Kakanwil Kemenkumham Jambi Temui Gubernur

Rapat paripurna di pimpin langsung Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE di dampingi Wakil Ketua I DPRD Aang Purnama, dan lainnya.

Dari pihak eksekutif hadir Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, serta tamu undangan lainnya.

Bupati menyampaikan langsung tanggapan dan jawaban eksekutif, terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sarolangun tentang 2 ranperda tersebut.

Ia mengatakan, terkait pengelolaan Keuangan Daerah dari masing-masing fraksi, untuk dapat mengacu terhadap peraturan perundang-undangan. Ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang keuangan daerah.

Yakni Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 dan Permendagri nomor 77 tahun 2020, tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

“Kami sependapat dan akan kami akomodir dalam pengelolaan keuangan, daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan ranperda pengelolaan keuangan daerah, telah memenuhi syarat dari kemenkumham Provinsi Jambi,” katanya.

Ranperda Pengelolaan Keuangan

Selain itu, ranperda pengelolaan keuangan daerah ini sependapat dengan pandangan fraksi DPRD sarolangun, untuk meminimalisir temuan administrasi keuangan daerah. Kemudian meningkatkan realisasi keuangan daerah, menjadi pedoman bagi pemerintah daerah kabupaten Sarolangun.

“Kami sependapat dengan dewan yang terhormat dan hal ini akan menjadi fokus kami, bahwa dalam pengelolaan keuangan daerah. Di harapkan mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik,” ujarnya.

Soal Ranperda Perlindungan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (PLP2B), Cek Endra juga menjawab pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sarolangun.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

Bilangnya, telah di lakukan sesuai dengan pengkajian yang matang, dengan tetap mengacu terhadap peraturan Mentri Pertanian (Permentan). Ini sesuai dengan kondisi dan potensi wilayah, yang strategis dan geografis daerah.

“Tentunya, kami akan melakukan penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang memadai,” tukasnya. (Ajk)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033