Tambang Batubara dan Dampak Pada Lembaga Pendidikan

TAMBANG batubara tidak berdampak yang baik pada elemen pendidikan. Kita ketahui, belum adanya program yang melibatkan elemen tersebut, mulai dari sekolah tambang yang seharusnya sudah lama dibuka oleh pemerintahan ataupun pihak perusahaan tambang batubara secara umum untuk Sumber Daya Manusia daerah.

Harapannya, Sumber Daya Alam yang ada di daerah juga akan dinikmati oleh masyarakat dan juga generasi setempat melalui kerja di pertambangan tersebut. Selanjutnya dengan jumlah perusahaan yang sangat banyak, kita ketahui tidak ada memiliki program beasiswa untuk siswa atau mahasiswa perguruan tinggi baik di dalam dan luar daerah yang kita harapkan juga menjadi salah satu kebermanfaatan untuk SDM Provinsi Jambi.

Menurut pandangan saya, ini akan menjadi salah satu solusi lulusan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar daerah, jika pemerintahan atau perusahaan memiliki program yang memberikan ruang kontrak kerja, sehingga masyarakat di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah tak lagi merasa bahwa perusahaan milik orang lain atau pun hanya mengambil untung saja.

Kita ketahui SDA Provinsi Jambi sudah lama di kuras dari berbagai titik penggalian batubara yang tesebar. Psikologinya, masyarakat jika perusahaan tidak berpihak pada tenaga kerja daerah yang seharusnya juga menjadi kewajiban dan hak SDM memiliki pembinaan baik dari pihak pemerintahan maupun perusahaan itu sendiri. Maka akan ada hal yang tidak tepat dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Voovvy Z

— Penulis adalah mahasiswa di UNP dan pengurus Aliansi Mahasiswa Provinsi Jambi (AMPJ) UNP —

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube