Soal Partisipasi Pemilih, Bikin KPU Muaro Jambi Kerja Keras di PSU

BERITA POLITIK – Pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang Pilgub Jambi kian mendekat. Khususnya Muaro Jambi, selain menjadi PSU dengan TPS terbanyak, KPU Muaro Jambi berhadapan dengan masalah partisipasi pemilih.

Sebagaimana diketahui, Pemilihan Suara Ulang Pilgub Jambi bakal digelar Kamis 27 Mei mendatang. Itu artinya, sebagai penyelenggara, KPU Muaro Jambi bakal bekerja keras.

Tentunya, mensukseskan PSU yang pertama sepanjang sejarah perpolitikan Jambi.

Sebagaimana penuturan Edison, Komisioner KPU Muaro Jambi, Minggu (23/05/2021). Pada Dinamikajambi.com Edison mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mempersiapkan penuh teknis pelaksanaan PSU.

Dimulai dari pelatihan penyelenggara di TPS hingga perampungan logistik, yang akan didistribusikan pada 26 Mei mendatang.

“Bahkan, pada tim pemenangan sudah kita sosialisasikan saat penetapan DPT, DPTB dan DPTH. Siapa-siapa saja yang berhak memilih. Kemudian, dari sisi logistik, surat suara tinggal perampungan, yang akan didistribusikan pada tanggal 26 Mei,” ungkap Edison.

Tantangan, Antisipasi Partisipasi Pemilih Turun di PSU

Selanjutnya, Komisioner yang pernah menjabat sebagai Ketua KPU Muaro Jambi ini juga menambahkan. Sebanyak 20.372 warga Bumi Sailun Salimbai di 59 TPS bakal memilih ulang Cagub dan Cawagub Jambi.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya. Selain rendahnya partisipasi pemilih di Pilgub 2020, angka partisipasi pemilih di PSU Pilgub Jambi mendatang cenderung menurun.

Baca Juga : PSU Perdana di Pilgub Jambi, Tokoh Pemuda Jambi Pertanyakan Kinerja KPU

Berkaca pada Pilgub 2020 lalu, angka partisipasi Pemilih di Kabupaten Muaro Jambi, yang tak pecah 60 persen dari jumlah mata pilih.

“Itu salah satu tantangan kita, partisipasi pemilih. Karena biasanya memang, di setiap PSU itu partisipasi pemilih agak turun, ” bebernya.

Lantas, melihat hal itu, pihaknya berupaya keras meningkatkan partisipasi pemilih di Muaro Jambi. Yakni, melalui sosialisasi-sosialisasi ke wilayah yang terkena PSU mendatang.

“Kita berbagi, marathon ya. Sekarang kan, seluruh KPU Kabupaten Muaro Jambi, mulai dari staf hingga Komisioner, turun ke TPS-TPS meninjau dan menggelar sosialisasi. ” tambahnya.

(Tr01)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube