Skema Wacana Jalur Khusus Angkutan Batubara, Begini Paparan Wagub Sani

BERITA JAMBI – Soal wacana jalur khusus angkutan batubara di Jambi, Wakil Gubernur Abdullah Sani jelaskan skema jalur darat dan sungai.

Hal ini Wagub ungkapkan saat memaparkan tanggapan Gubernur Jambi terkait pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap LKPJ 2021, Jumat (01/04/2022).

Kyai menjelaskan, Pemerintah Provinsi telah melakukan berbagai upaya jangka pendek, guna mengurangi kemacetan angkutan batubara.

Adapun jangka pendek, di antaranya pengalihan rute, hingga menginisiasi pembangunan kantong parkir angkutan batubara. Sementara skema jalur angkutan batubara juga menunggu investor.

“Pengalihan rute dan perbaikan jalan Muaro Bulian, Tempino, Talang Duku sudah dilakukan. Pembuatan kantong parkir di wilayah Terusan, Kabupaten Batanghari akan di bangun investor, seluas 40 hektar,” jelasnya.

Sementara untuk jangka panjang, pihaknya juga kembali melebarkan rute alternatif melalui jalur darat, dan juga jalur sungai.

Hanya saja, saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang mengupayakan sejumlah investor untuk segera membangun jalur tersebut.

“Rute untuk daerah Tebo, sebagian Kabupaten Bungo, Simpang Niam, Lubuk Kambing dan Pelabuhan Dagang. Kemudian, rute Kabupaten Merangin, Sarolangun, Batanghari, Durian Luncuk, Talang Duku,” bebernya.

“Jalur darat dan sungai, jalur sungai plus jalan Kotoboyo, Dermaga VI.” timpalnya saat di Paripurna DPRD Provinsi Jambi.

(RAP)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube