Peringati Hari Batik Nasional, Istri Gubernur Kenalkan Buku Sejarah 

JAMBI – Ketua Dekranasda Provinsi Jambi atau Istri Gubernur Jambi, Hj Hesti Haris kenalkan buku sejarah dalam rangka peringatan hari batik.

Hesti membuka Acara Peringatan Hari Batik Nasional, dengan Tema “Kita dan Batik Jambi”. Kegiatan ini juga sekaligus Launching Buku Sejarah dan Filosofi Motif Batik Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (09/10/2021).

Baca juga : Gubernur : Pemerintah Permudah Investor Berinvestasi di Jambi

Istri Gubernur pun memperkenalkan buku sejarah batik.

Dalam sambutannya Hesti mengatakan bahwa perkembangan Batik di jambi dari masa ke masa, sangatlah menggembirakan. Bahkan sampai saat ini sudah terdapat 338 pengusaha batik, yang tersebar di kabupaten kota se Provinsi Jambi.

Masing-masing dengan ciri khas motif dan warna, sesuai dengan kearifan lokal yang mencerminkan budaya dan potensi di daerah masing-masing.

Sebagai contoh motif angso duo, yang mengandung sejarah awal mula kota Jambi, dan Motif Rumah Tuo di Kabupaten Merangin merupakan rumah bersejarah dengan adat budaya, yang sangat kental bagi penduduk sekitar.

“Begitu juga kabupaten/kota lainnya, yang sebenarnya ingin saya sampaikan semua. Namun waktunya terbatas. Secara umum Bahwa batik di Provinsi Jambi tidaklah sekedar kain bermotif, tapi mengandung makna dan filosopi yang di warnai dengan khas, ” ujarnya.

Lihat juga video : Saling Lempar Gas Air Mata, Demo di Jambi Ricuh

“Banyak di temukan kain kuno berwarna merah, merah marun, hitam, biru tua, dan kuning dengan pewarna alam sebagai bukti sejarah batik jambi. Hingga muncullah ide dari penulis dan menerbitkan Buku Sejarah, dan Filosofi Motif Batik Jambi,” tambahnya.

“Saya Berharap ada semangat dan energi dari pembatik, sehingga bisa membuat kemajuan batik yang ada di jambi yang menjadi harapan kita. Dan pengrajin sehingga kita semakin bangga memakai batik jambi,” tutupnya. (Red)

 

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033