Peluang Sama, Pengamat : CERAH Menang MK, MANTAP Modal Suara

BERITA POLITIK – Pemilihan Suara Ulang atau PSU Pilgub Jambi tinggal menghitung jam. Itu artinya, babak akhir penentuan BH 1 berada di bilik suara 88 TPS. Pengamat nilai peluang CERAH dan MANTAP sama.

Soal penentuan siapa Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, menjadi perbincangan hangat. Yang mana, nasib Paslon itu berada di ujung ‘Paku’ coblos 88 TPS.

Sebagaimana penuturan Pengamat Politik Jambi, Dr Pahrudin. Dalam kacamata politiknya, pengamat ini menilai paslon berjargon CERAH maupun MANTAP, sama-sama memiliki peluang. Pun juga, bahasa anak mudanya ‘Pede’, atau percaya diri yang tinggi.

“Dalam hal PSU ini, 01 dan 03 sama-sama berpeluang untuk menang. Kecuali 02 ya, sangat jauh selisih,” ungkap Pahrudin.

Sementara diketahui, pada PSU ini Jambi Mantap unggul sekitar 10.000 suara. Akan tetapi, bilangnya sama-sama berpeluang besar. Lantas, mengapa demikian?

Sama-sama Menang Psikologis: CE Jebol MK, Haris Unggul Suara

Kemudian, Akademisi lulusan S3 Ilmu Sosial Universitas Airlangga ini menuturkan, kedua Paslon sama-sama menang secara Psikologis.

Bak istilah catur mengatakan, ‘Kalah Barang, Menang Posisi’ begitulah menggambarkan posisi tim Paslon nomor urut 1.

Yang mana, sama-sama di ketahui, gugatan Pilgub Jambi yang di ajukan Jambi Cerah ini dikabulkan oleh MK. Pun, hal ini menjadi pertanyaan besar, dan penambah ‘perkasanya’ Paslon Nomor Urut 01.

“01 juga punya keunggulan, dari aspek psikologis juga. Secara tidak langsung, adanya PSU ini mampu mengungkapkan, adanya masalah proses Politik di Jambi,” tambahnya.

Tambah lagi, melekat dalam benak masyarakat, bahwa CE-Ratu ini terkenal banyak ‘logistik’.

Dari sisi lain, Direktur Lembaga Kajian PUTIN ini juga menerangkan, menangnya Psikologis 03 disebabkan oleh keunggulan suara.

Kemudian, pertarungan sengit ini juga memperebutkan 29.278 suara di 88 TPS.

“Sama-sama berpeluang, memang Haris sudah punya modal sekitar 10 ribu suara. Nah, ini juga berupa modal psikologi. Karena, penetapan KPU kemarin unggul,” jelasnya.

Beda Tugas: ‘Cerah’ Pendekatan Emosinal, ‘Mantap’ Jaga Gawang

Selanjutnya, Pahrudin juga memprediksikan, bahwa pertarungan ini akan lebih sengit. Wajar saja, seluruh energi mesin partai telah dikerahkan, mulai dari Tokoh Nasional hingga akar rumput.

Akan tetapi, Ketua Prody Ilmu Pemerintahan STISIP Nurdin Hamzah ini mengatakan, kedua Paslon yang kejar-kejaran itu memiliki tugas berat.

Yang mana, 01 kalah suara sekitar 10ribu suara, maka membutuhkan tenaga dalam penjaringan suara secara pendekatan emosional.

Baca Juga : H-5 PSU, PKC PMII: Harga Diri KPU Provinsi Jambi di Pertaruhkan

“Pendekatan personal dengan tokoh-tokoh masyarakat. Artinya, turun langsung person ke person,” bebernya.

Namun berbeda dengan 03, meski unggul sekitar 10ribu suara, memiliki tugas berat menjaga basis.

Apalagi, perpindahan suara dari 02 sejauh ini belum dapat diprediksi kemana akan berlabuh.

“Kalau 03 itu perkuat basis saja, sudah unggul 10ribu. Tapi, kita belum tau juga suara 02 bakal kemana migrasinya.” tutupnya.

(Tr01)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube