OTT Pertama di 2024, KPK Tangkap Timses Amin

HUKRIM – KPK tangkap Timses Amin, Kamis 11 Januari 2024. 10 orang terjaring OTT KPK pertama di tahun 2024, termasuk salah satunya Bupati Labuhanbatu.

Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tim sukes Anies Baswedan dicokok penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Siapa tim sukses Anies yang terkena OTT alias Operasi Tangkap Tangan lembaga antirasuah tersebut?

Ia adalah Erik Adtrada Ritonga. Diketahui, Erik, saat ini adalah bupati Labuhanbatu, Sumatra Utara.

Dan, merupakan kader Partai NasDem. Loyalis Surya Paloh itu ditangkap penyidik KPK karena terkena kasus dugaan suap.

“Benar, salah satunya bupati Labuhanbatu,” ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Kamis, 11 Januari 2024.

OTT Pertama KPK

Untuk diketahui, OTT Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga ini adalah operasi tangkap tangan pertama yang dilakukan KPK pada 2024. Pihak KPK menyatakan, OTT tersebut terkait kasus korupsi dugaan suap.

“KPK telah melakukan giat tangkap tangan di Wilayah Kabupaten Labuhanbatu terhadap terduga penyelenggara negara yang diduga menerima pemberian hadiah atau suap,” papar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Tidak hanya bupati Labuhanbatu, penyidik KPK menangkap pihak lainnya. Tim penyidik KPK pun menyita barang bukti uang dari OTT KPK tersebut.

Pihak NasDem sendiri sangat prihatin dengan kasus yang menimpa kadernya. “Kami prihatin dengan hal ini,” ucap Ketua DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah saat dihubungi wartawan, Kamis, 11 Januari 2024.

Anak buah Surya Paloh itu  menambahkan, pihaknya belum mengetahui lebih detil tentang OTT KPK tersebut. Hingga berita ini diturunkan, NasDem masih menunggu keterangan resmi dari lembaga antirasuah itu.

“Kami masih menunggu keterangan resmi dari KPK,” papar Charles.

Profil Erik

Melansir Ratas.id, Erik sendiri merupakan bupati Labuhanbatu yang baru menjabat selama 3 tahun. Ia dilantik pada 13 September 2021.

Politisi kelahiran 5 Mei 1980 itu menjadi bupati atas dukungan dari Partai NasDem, Hanura, PDIP, dan PBM. Kemenangannya dalam Pilkada Labuhanbatu 2021 kontroversial.

Sebab, terjadi perselisihan hasil Pilkada dan sempat diajukan ke Mahkamah Konstitusi oleh lawannya, calon nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faizal Amri Siregar. Kendati demikian, Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan kemenangan Erik.

Latar belakang Erik ini adalah seorang dokter. Keluarganya merupakan pemilik salah satu rumah sakit di Labuhanbatu.

Baca Juga : Disindir Gubernur Sumsel, Jawaban Anies Disambut Gelak Penonton

Bupati berwajah kalem yang menjadi tim sukses Anies di Labuhanbatu itu mengenyam pendidikan sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 1999-2004. Lalu, melanjutkan magisternya ke Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan pada 2016-2017.

Sebelum jadi bupati, Erik pernah menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Elpi Al Azis (2015-sekarang). Rumah sakit itu milik keluarganya.

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube