Keren, 3 Warisan Budaya Jambi Ini Masuk Sertifikat Kemendikbud

BERITA JAMBI – Harum nan tersohor, begitulah menggambarkan kekayaan budaya Provinsi Jambi, yang menerima 3 Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Jambi Takbenda Indonesia dari Kemendikbud.

Penghargaan warisan Budaya Jambi yang di serahkan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan (Kemendikbud), Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid.

Baca juga : Gubernur : Jambi Sukses Selenggarakan PWN Tahun 2021

Bertempat di Gedung Plasa Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Jakarta, Selasa (07/12/2021).

Gubernur Jambi, Al Haris menerima langsung penghargaan, akan kekayaan budaya Takbenda tersebut.

Adapun ketiga warisan budaya tersebut, di antaranya seni pertunjukan Tari Ngabeng, merupakan karya seni turun temurun yang berasal dari Rambutan Masam, Batanghari.

Kemudian warisan seni yang kedua, yakni Ngayun Luci, sebuah upacara adat istiadat berasal dari Bumi Sakti Alam Kerinci. Selanjutnya yang ketiga adalah, keterampilan Tirai Pengantin atau Pelaminan Kungkai, yang berasal dari Kabupaten Merangin.

Usai mengikuti kegiatan di Kemendikbud, Gubernur Jambi, Al Haris menuturkan, ke depan pihaknya akan melestarikan budaya lokal Jambi.

Bilangnya, kekayaan budaya lokal Jambi mesti terus di perkenalkan di kanca nasional, bahkan internasional.

“Kedepannya, saya mengharapkan untuk lebih memperbanyak lagi khazanah budaya Jambi dengan langsung turun membina. Sehingga bisa kita usulkan lagi menjadi warisan budaya takbenda Indonesia. Kita akan membina, mengembangkan kebudayaan kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi, yang sudah ada sejak dulu kala,” ungkap Al Haris.

Melestarikan

Lebih lanjut, Bupati Merangin 2 Periode ini menambahkan, pihaknya menghaturkan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Yang mana, dalam hal ini terus gencar menggiatkan kebudayaan lokal dari berbagai Provinsi. Tak lupa, Ia juga berpesan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, agar terus melakukan pelestarian warisan budaya tersebut.

Lihat Juga video : Klik Disini

Di mana, bilangnya, salah satu indikator berhasilnya Provinsi Jambi mendapat sertifikat tersebut, yakni berdasarkan pembinaan budaya lokal.

“Bapak Dirjen Kebudayaan tadi sudah menegaskan, jika warisan budaya tak benda tersebut tidak kita tindaklanjuti dan bina dengan baik, maka sertifikat itu bisa di cabut. Saya minta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, untuk segera menindaklanjuti dan memberikan pembinaan terhadap warisan budaya takbenda yang telah kita dapatkan ini,” tukasnya. (*/Tr01)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033