Isu Al Haris Digadang Maju Pilpres, Pengamat Politik: Ada Gejolak Tiga Poros

BERITA POLITIK – Isu nama Gubernur Jambi, Al Haris digadang-gadang maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sedang mencuat. Santer dibicarakan, Pengamat Politik Jambi Dr Pahrudin HM angkat bicara, sebut ada gejolak tiga poros. Siapa saja?

Sebelumnya, mencuat isu nama Al Haris diusulkan maju pada Pilpres 2024 mendatang. Hal ini terungkap dari Ketua Bappilu PAN Provinsi Jambi, Madian Saswadi.

Madian mengatakan, nama Al Haris diusulkan oleh sejumlah kepengurusan DPD PAN di tingkat Kabupaten/Kota, pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) beberapa waktu lalu. Di mana, pada Rakerda tersebut, juga membahas penjaringan nama kandidat yang akan maju pada Pilpres 2024.

Baca Juga : Gubernur Jambi Al Haris dan Pj Bupati Muaro Jambi Serahkan Sapi Kurban Presiden Jokowi

Dr Pahrudin menuturkan, isu tersebut merupakan ‘penghangat’ dalam dunia politik. Bukan hal mudah, bilangnya, seorang tokoh dari Jambi untuk melenggang di kanca politik nasional memperebutkan kursi RI 1.

“Sama seperti isu Nasdem, yang mengusulkan nama Sy Fasha maju di Pilpres. Tidak semudah itulah, saya rasa itu bagian dari penghangat saja,” ungkapnya, Senin (11/07/2022) melalui telepon seluler.

3 Poros Saling Kejar

Dari isu tersebut, Akademisi Stisip Nurdin Hamzah ini beranggapan, saat ini terjadi sebuah gejolak kompetisi 3 poros di internal PAN Jambi. Adapun ketiga poros tersebut, yakni poros H Bakri, Romi Hariyanto dan Al Haris.

Di mana, ketiga poros dinilai saling kejar-kejaran dan menyusun strategi guna memperebutkan kursi Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, pada 2025 mendatang.

Pengamat menilai, kedatangan Al Haris di partai besutan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan itu, membawa sebuah kekuatan politik baru. Kekuatan politik baru tersebut, berada di antara trah H Bakri dan Romi Hariyanto yang sebelumnya dinilai ‘kejar-kejaran’.

“Kalau 3 poros ini tidak segera diselesaikan, ini berpotensi menyerang elektabilitas PAN di Jambi. Apalagi, survey kami menunjukkan, PAN belum mencuat di Kota Jambi sebagai barometer,” ungkapnya.

2025 Zulhas Dilematis

Munculnya tiga poros besar tersebut, Musyawarah Wilayah PAN Provinsi Jambi 2025 mendatang diprediksi bakal alot.

Lagi-lagi, poros Bakri, Romi dan Al Haris diperkirakan bakal tampil, untuk merebut kursi empuk PAN. Sehingga, Dr Pahrudin mengatakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, pada Muswil 2025 akan limbung pada 3 pilihan.

Pasalnya, ketiga poros saling memiliki kekuatan dan pembeda masing-masing. Poros H Bakri memiliki nilai historis, dinilai berperan memperbaiki citra PAN pasca kepemimpinan Zumi Zola.

Sementara poros Romi, dinilai memiliki kekuatan secara akar rumput, yakni di wilayah Tanjung Jabung Barat maupun Timur. Sedangkan poros Al Haris, santer dengan ketokohannya sebagai Kepala Daerah, yakni Gubernur Jambi. Sehingga, Ketua Umum PAN Zulhas, dinilai bakal limbung.

“Ketua Umum PAN, Zulhas akan dilematis. Satu sisi, ingin Ketua DPW PAN berasal dari pejabat publik, karena berpengaruh pada elektoral partai. Namun, disisi lain, tidak bisa juga melupakan jasa Haji Bakri. Sementara Romi, dia punya kekuatan-kekuatan lokal,” imbuhnya.

Terakhir, jika tiga poros tersebut tak ‘dikawinkan’, maka hal ini akan dimanfaatkan oleh partai lain. Tak menutup kemungkinan, bilangnya, partai-partai lain akan mengadopsi salah satu dari 3 nama tersebut.

“Kalau tak clear, ini bisa momen ini bisa dimanfaatkan partai lain. Sekarang sudah mulai ngintip ini, mana pentolan suara di PAN.” tukasnya.

(Rpa)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube