Dorong Perda Produk UMKM, Warga Ungkap Dewan ini Wujudkan Bank Sampah

BERITA JAMBI – Sebelumnya dorong pembentukan Peraturan Daerah (Perda) produk UMKM masuk retail modern, terungkap saat Reses Tahap II, warga beberkan Anggota DPRD Provinsi Jambi, Rusdi wujudkan swadaya Bank Sampah.

Selalu memiliki ide-ide brilian. Sebelumnya, dorong pembangunan Stadion Center di Jambi dan bakal usulkan Peraturan Daerah produk UMKM wajib masuk retail modern.

Kali ini, Rusdi kembali bawa gebrakan bagi warga Kota Jambi. Beberapa bulan lalu, guna keseimbangan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Ia mendorong terbentuknya Bank Sampah di Kecamatan Telanaipura.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, PTPN VI Salurkan Sapi Kurban ke Warga Solok Selatan

Terbukti bukan wacana belaka, hal ini terungkap saat pelaksanaan Reses Tahap II, Minggu (03/07/2022) di Kelurahan Buluran Kenali, Kota Jambi. Hal ini dibeberkan oleh salah satu Tokoh Masyarakat, Muhammad Iqna Ismail.

Iqna menuturkan, Bank Sampah Buluran Kenali terbentuk usai anggota Komisi II tersebut, menyumbangkan 2 unit kendaraan operasional, melalui Pokir Dewan.

“Ada 2 unit bentor diberikan Pak Rusdi, melalui Pokirnya waktu itu. Jadi, saat ini satu unit sudah beroperasi. Tinggal lagi kita optimalkan, pemisahan sampah organik dan non organik,” ungkap tokoh masyarakat tersebut.

Apa itu Bank Sampah?

Lebih lanjut, Ia menambahkan, Bank Sampah merupakan suatu tempat berfungsi menampung sampah yang telah dipilah. Pada proses pemilahan, sampah dibedakan menjadi 2 jenis, yakni organik dan non organik.

Kemudian, untuk sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos. Sementara sampah non organik, seperti plastik akan dijual ke pengepul, atau disulap menjadi kerajinan tangan.

Rusdi wujudkan Produk UMKM

Tampaknya, dorongan dari Politisi Partai Berkarya tersebut, menjadi motivasi tersendiri bagi warga Buluran Kenali.

Bagaimana tidak, warga tak lagi dibebankan membayar jasa angkutan sampah. Pun, sampah disulap sebagai penambah cuan bagi pengelolanya, yakni para pemuda setempat.

“Insya Allah, dalam waktu dekat akan launching, dan kita minta Pak Rusdi hadir beri pengarahan. Kan nanti pupuk komposnya bisa di jual, sampah non organik juga bisa di jual. Minimal fungsinya, warga tak perlu lagi bayar jasa angkutan sampah,” tambahnya.

UMKM

Selain Bank Sampah, saat kegiatan Reses berlangsung, Rusdi meminta para warga untuk tangkap peluang program pemberdayaan UMKM milik Pemprov Jambi.

Sebab, khusus di Buluran Kenali sendiri terdapat potensi UMKM khususnya di bidang kuliner. Bahkan, dari informasi yang dihimpun, Buluran Kenali juga penghasil produk natta de coco.

Baca Juga : Permudah Kinerja, PTPN VI Luncurkan Bank Data

“Bagi bapak ibu yang memiliki usaha UMKM, yok mari ajukan proposalnya melalui dumisake Gubernur. Sistemnya per grup, biar nanti saya yang urus ke dinas terkait. Sayang dong, kalau itu tak kita optimalkan, anggarannya ada.” tegas Rusdi.

(Rpa)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube