Detik-Detik PSU, Kopipede Jambi Datangkan KPU RI, Bawaslu dan DKPP RI

BERITA POLITIK – Menjelang Pemungutan Suara Ulang atau PSU Pilgub Jambi, KOPIPEDE Jambi datangkan KPU RI, Bawaslu dan DKPP RI, Rabu (26/5/2021). Polda Jambi turut hadir beserta timses Paslon Pilgub Jambi

Gawean Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) ini bertujuan untuk memberi pendidikan politik.

Tak henti-henti, ‘Anak Kandung’ KPU ini beri pengetahuan politik bagi masyarakat Jambi. Apalagi, esok Kamis (27/05/2021), amar putusan MK soal PSU itu bakal digelar.

Lantas, guna meningkat partisipasi masyatakat, Kopipede yang diketuai oleh Mochammad Farisi ini gelar Dialog Nasional, Rabu (26/05/2021).

Tak tanggung-tanggung, Dialog Nasional ini mengundang, Ketua KPU RI Ilham Saputra. Kemudian, Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, lalu, Alfitra Salam. Turut hadir oleh perwakilan Tim Sukses Paslon dan Polda Jambi.

Baca Juga : Melalui Dialog Kebangsaan, GMNI Ajak Pemuda Jambi Kritis Terhadap Era Globalisasi

Dalam sambutannya, Ketua KOPIPEDE Jambi, M. Farisi mengatakan, pihaknya tetap konsisten memberi fungsi edukasi politik bagi masyarakat Jambi. Upaya itu, salah satunya KOPIPEDE datangkan KPU, Bawaslu dan DKPP RI hari ini.

“Kami telah menyelenggarakan ratusan kegiatan seperti ini sejak tahun 2016. Kami ingin masyarakat Jambi melek politik dan cerdas dalam menentukan sikap politik,” ungkapnya.

Siapapun Pemenangnya, Adalah Gubernur Kita

Lebih lanjut, Bahren Nurdin Sekjen KPPD RI menambahkan, apapun dinamika politik yang terjadi dalam Pilgub Jambi. Ia berpesan, pada masyarakat agar dewasa dalam berpolitik. Dimana, PSU Pilgub Jambi ini menjadi penentu masa depan Jambi kedepannya.

“Substansi pemilu atau pilkada itu adalah terpilihnya pemimpin yang berkualitas dan berlegitimasi. Sehingga tercapai kesejahteraan rakyat,” beber Sekjen.

Baca Juga : PSU di 88 TPS, Pengamat Sebut Ini Tarung Bebas CE Vs Haris

Pun hal ini senada dengan penyampaian oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Dimana, sejauh ini pihaknya bersama KPU Provinsi Jambi telah bersinergi penuh mensukseskan PSU Pilgub Jambi.

“Bimtek PPK, PPS dan KPPS kami turunkan juga Biro Teknis untuk memastikan prosesnya memenuhi syarat. Jika ada pelanggaran silahkan laporkan pada DKPP,” tegas Ketua KPU RI.

PSU Sebagai Pembelajaran

Selanjutnya, saat mengisi diskusi, Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menjelaskan, bahwa PSU ini adalah proses pembelajaran. Kedepannya menjadi catatan penting, agar tak terulang kembali.

“Nah, PSU ada baiknya sebagai koreksi kita bersama-sama. Baik itu penyelenggara, kandidat, maupun masyarakat agar mengambil peran masing-masing,” kata Afifuddin.

Lantas, menyikapi hal itu, Anggota DKPP RI Alfitra Salam mengkritisi aturan kepemiluan saat ini. Bilangnya, regulasi itu hanya bersifat teknis. Pun, Ia berharap agar pembaruan, agar proses politik menyasar pada kesejahteraan rakyat.

“Seharusnya undang-undang terkait politik harus dilakukan penyempurnaan dan evaluasi. Kalau yang sekarang terlalu teknis. Visi kesejahtetaannya juga semakin ga jelas, seharusnya dimuat dalam regulasi” tutupnya.

Terakhir, Polda Jambi telah mengerahkan 1360 personil untuk menjamin terjaganya keamanan PSU. Tak hanya itu, juga pihaknya bersiaga penuh mengentaskan money politics.

(Tr01)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube