Bom Rakitan Sendiri, Berikut Keterangan Polisi Pada Ledakan di Pos Mudik

SOLO – Ledakan di depan pos pantau mudik Lebaran pertigaan Tugu Kartasura, Senin (3/6/2019) malam dipastikan berasal dari Bom. Bahkan, pelaku sendiri yang meracik bom tersebut.
Hal itu berdasarkan hasil penyelidikan polisi di lokasi kejadian dan rumah terduga pelaku di Dusun Kranggan Kulon, RT 01 RW 2, Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Selasa dini hari (4/6).

Kapolda Jateng Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel tiba di lokasi kejadian pada sekitar pukul 00.30 WIB. Rycko sempat memberi pernyataan kepada wartawan, sementara polisi melakukan olah TKP di rumah pelaku yang tak jauh dari TKP.

“Telah terjadi ledakan di simpang tiga Tugu Kartasura. Satu orang menjadi korban yang juga diduga sebagai pelaku,” kata Rycko, Selasa (4/6/2019), seperti dilansir detikcom.

Menurutnya, dugaan tersebut beralasan karena bahan peledak hanya mengenai tubuh pria itu. Sedangkan pos polisi hanya mengalami kerusakan ringan.

“Kami katakan sebagai pelaku karena bahan peledak yang meledak mengenai bagian tubuh korban,” ujarnya.

Rycko mengatakan korban saat ini sedang dalam keadaan kritis. Kasus tengah ditangani Polda Jateng dan Polres Sukoharjo.

“Sedang kritis di rumah sakit. (Kasus ditangani) oleh kepolisian Polda Jateng dan Polres Sukoharjo,” ujarnya.

Terduga pelaku itu langsung dilarikan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kartasura. Dari foto yang beredar, pria yang berusia sekitar 20 tahun tersebut sedang ditangani oleh petugas kesehatan.

Meski demikian, berdasarkan informasi terakhir pria berinisial RA itu kemudian sudah dipindahkan ke RSUD Moewardi Surakarta. Terlihat pria yang masih dalam kondisi sadar tersebut menderita luka di sekitar perut dan di sekujur tangan kanan.

Rycko memastikan sejauh ini belum ada korban lain, meskipun di saat ledakan tersebut, ada 7 orang polisi yang bertugas di dalam pos polisi dan sebagian bertugas mengatur lalu lintas di jalan.

“Empat petugas di dalam pos, tiga bertugas yang mengatur lalu lintas. Alhamdulillah tidak ada korban dr polisi ataupun warga,” katanya.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube