Bagaimana Hukum Wanita Hamil Berpuasa, Cek Disini

TIPS KITO – Bulan Suci Ramadhan selain tempat wadah beramal, juga umat muslim di wajibkan berpuasa, dari terbit pajar hingga terbenam matahari. Lalu bagaimana hukum bagi wanita hamil yang berpuasa? Apakah boleh berbuka siang hari, jika tidak mampu dan lainnya.

Umat muslim, saat bulan puasa atau bulan suci ramadhan di wajibkan berpuasa. Di mana, selain menahan lapar dan haus, juga menghindari perbuatan yang dapat membatalkan puasanya. Termasuk, menahan hawa nafsu, melihat sesuatu yang dapat mengurangi amal berpuasa.

Baca juga : Masih Junub Usai Berhubungan, Namun Sudah Tiba Waktu Subuh, Apakah Puasanya Sah?

Normalnya, umat muslim yang sudah balik sudah di wajibkan hukum berpuasa, jika mampu dan tidak berdampak negatif bagi dirinya. Lalu bagaimana dengan hukum wanita hamil yang berpuasa?

Sebagaimana di ketahui, Puasa merupakan salah satu ibadah yang di perintahkan Allah subhanhu wa taala, kepada semua umat Islam. Setiap muslim di bebani tugas berpuasa, terutama puasa wajib seperti puasa Ramadhan.

Lantas bagaimana dengan sosok perempuan hamil ? Apakah tetap di bebani tugas puasa atau tidak? Bagaimana pula hukumnya, dalam pandangan syariat?

Perempuan hamil termasuk orang yang di bebani tugas berpuasa, sebagaimana yang lainnya. Akan tetapi, jika dia khawatir akan berbahaya bagi dirinya atau janinnya, di bolehkan baginya berbuka.Dalilnya adalah dari Ibnu Abbas radhiallahu anhum, berkata dalam firman Allah Ta’ala,

Tentang hukum perempuan hamil berpuasa, Ustaz Adi Hidayat atau di kenal dengan UAH menjawab pertanyaan ini melalui Channel YouTube sebagai berikut:

“Perempuan yang tengah mengandung, maka oleh para ulama menjelaskan bila tidak mampu ia berpuasa, khawatir pada kesehatan diri dan janinnya, ia boleh berbuka. Di analogikan pada orang yang sakit, dengan uzurnya bukan karena penyakitnya,” jelas UAH pada video.

Sumber : SINDOnews.com

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube