2021 CPNS Kembali Dibuka. Berikut Formasinya

BERITA NASIONAL – Kabarnya, pada tahun 2021 nanti CPNS bakal kembali dibuka oleh Pemerintah Republik Indonesia. Penasaran? Berikut Formasinya.

Sebelumnya di ketahui, terkait kabar yang katanya pada tahun 2021 nanti CPNS kembali dibuka ini, terdapat sekitar satu juta untuk formasi guru.

Seperti di lansir dari Suara.com, Pemerintah di pastikan akan kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2021. Hal ini di sampaikan Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Dalam kesempatan yang sama, Tegus memberi bocoran formasi CPNS tahun depan, di antaranya bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis di instansi pemerintahan.

“Saat ini memang kami sudah menerima berbagai usulan dari instansi pemerintah (baik pusat maupun daerah). Fokusnya tetap pada jabatan-jabatan tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis yang mendukung arah prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah,” ujarnya, Minggu (27/12/2020).

Baca Juga : Baru Pertama Laksanakan Latsar CPNS Daring, Tanjabbar Jadi Percontohan

Meski demikian, Ia belum bisa memastikan terkait pembukaan waktu pendaftaran penerimaan CPNS 2021 secara pasti.

Tidak adanya CPNS pada tahun 2020, memberi kesempatan kepada pemerintah. Untuk kembali ke jadwal yang seharusnya, di penuhi sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017.

“Dalam PP tersebut di tetapkan bahwa paling lambat bulan Maret, setiap instansi pemerintah menyerahkan usulannya ke Menteri PANRB. Setelah memperoleh pertimbangan teknis dari BKN dan Kementerian Keuangan, maka pada bulan Mei di tentukan formasinya (kebutuhannya),” kata Teguh, melansir Bantennews (jaringan Suara.com).

Benar-benar Dibutuhkan

Ia menyebut, Pemerintah berani menetapkan formasi CPNS setelah di pastikan bahwa formasi itu memang benar-benar di butuhkan. Hal ini, dalam upaya untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan.

Ia memberi contoh, formasi guru membutuhkan setidaknya 1 juta untuk memenuhi kebutuhan. Seleksi untuk formasi bidang pendidikan ini akan berlangsung sebanyak 3 kali seleksi, hingga mencapai jumlah kebutuhan.

“Rencananya untuk 1 juta guru yang kami akan rekrut tahun depan, di rencanakan akan di lakukan dalam tiga kali seleksi atau tes,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan, pendaftaran CPNS Formasi 2021, bisa terlaksana pada April hingga Mei tahun depan.

Lihat Juga Video : Jelang Tahun Baru, Gugus Tugas Sisir Cafe di Kota Jambi

Berdasarkan draf progres usulan formasi ASN, dan rencana rekrutmen tahun 2021 yang di terima. Awalnya perpanjangan usulan formasi tahun 2021 yang rencananya Maret 2021, yang kemudian di perpanjang hingga akhir Mei.

Namun, setelah itu kembali di perpanjang lagi hingga akhir Agustus 2021.

                                                                                                                                                         Sumber : Suara.com

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube