Viral Penampakan Harimau di Hutan Gunung Kerinci, Sumbar

BERITA VIRAL – Rekaman video berdurasi 36 detik tengah hebohkan media sosial khususnya warga Sumbar dan Jambi. Pasalnya, video viral itu penampakan harimau di Hutan Gunung Kerinci.

Dari video yang DinamikaJambi.com dapatkan, video tersebut memuat narasi sekelompok pemuda tengah berada sekitar hutan Gunung Kerinci tiba-tiba datang harimau.

“Hati hati itu mungkin penunggu hutannya,” tulis unggahan tersebut.

Terekam seorang pria tengah berjalan membelakangi harimau dari balik semak menuju rekannya yang merekam video. Rekannya memberi tahu, ada harimau.

“Jangan lari,” sebut salah satu suara.

Pria tadi mungkin tak percaya, lalu temannya menyebut sumpah.

Sejurus kemudian, kamera menyoroti dengan zoom untuk melihat lebih dekat. Tampak seekor harimau melihat ke arah mereka dan beberapa detik mengalihkan pandangan.

Terang saja, video itu menjadi bahasan warganet khususnya warga Jambi. Gunung Kerinci sendiri, menjadi tempat para pendaki gunung di Jambi.

 

Keberadaan harimau, tentu jadi perhatian warga Kabupaten Kerinci.

“Wah gawat. Warga Kerinci was-was lagi,” kata warganet.

Satu sisi, warganet tak menerima keberadaan hewan buas tersebut berkeliaran terlebih memangsa manusia. Sementara warganet lain, menyalahkan pembukaan dan perambahan hutan.

“Bingung mau bela yg mana. Sama-sama berharga. Mudah-mudahan gak terjadi konflik..” tulis warganet.

Hewan yang dilindungi UU Nomor 5 tahun 1990 ini habibatnya tinggal sekitar 400 ekor.

Penampakan Harimau Gunung Kerinci Versi BKSDA

Sementara penelusuran DinamikaJambi.com, penampakan harimau itu terjadi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Lokasi tepatnya di Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Namun informasi lain menyebutkan penampakan harimau itu di lain lokasi. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melaporkan Harimau Sumatera muncul di kawasan pemukiman warga di Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Seekor anjing juga dilaporkan turut dimangsa oleh hewan dengan nama latin panthera tigris sumatrae itu.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono mengatakan penampakan Harimau Sumatera itu, diketahui berdasarkan informasi dari Wali Nagari Batang Barus pada Senin 20 Juni 2022 kemarin.

Baca Juga : Harimau Surya Manggala dan Citra Kartini Lepas Liar di TNKS Kerinci

“Tim BKSDA telah di lokasi. Berdasarkan verifikasi di lapangan, di temukan jejak satwa harimau sumatera di luar kawasan hutan atau konservasi,” katanya, Selasa 21 Juni 2022 melansir Kumparan

Menurutnya tim juga mendapatkan seekor anjing milik warga bernama Pian. Tim menemukan anjing itu mati pada 18 Juni 2022 sekitar 23.00 WIB. Kuat dugaan, harimau yang memangsa anjing itu.

“Karena ada jejak harimau di sekitar anjing yang mati itu,” ujarnya.

Ardi menyatakan dengan adanya kemunculan Harimau Sumatera itu, untuk saat ini kepada warga diimbau dan disarankan agar tidak keluar rumah sendirian pada malam hari jika tidak ada keperluan mendesak.

Lihat Videonya, Klik Tautan Ini

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube