Studi Banding, IWO Batanghari Sambangi IWO Lambar

Studi Banding, IWO Batanghari Sambangi IWO Lambar

BERITA JAMBI – Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Saat kunjungan Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Batanghari ke Kabupaten tersebut, terlihat nyata Kabupaten Lambar seperti taman surga yang harus dikunjungi.

Ketika berkunjung ke kawasan wisata di sana, semua letih dan lelah selama perjanan terbayarkan oleh keindahan panorama alam Lambar.

Betapa tidak, perjalanan PD IWO dari Kota Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menuju Kabupaten Lambar memakan waktu kisaran 20 jam lebih dengan melewati areal perbukitan dengan jalur cukup menantang.

Melelahkan memang, namun semua itu terbalaskan oleh suasana alam di sana.

Di tambah lagi masyarakatnya yang ramah dan santun terhadap tamu dari luar daerah. Bukan hanya itu, kedatangan rombongan PD IWO Batanghari pun disambut dengan suka cita oleh Pemkab Lambar.

Ini dibuktikan dengan penyambutan rombongan IWO Batanghari langsung oleh Asisten III, Diskominfo dan keluarga besar PD IWO Lambar.

Rombongan PD IWO Batanghari diajak berdiskusi tentang berbagai hal, baik tentang media-media yang ada di Kabupaten Lambar termasuk persoalan lain terutama terkait pariwisata. Diskusi yang digelar di kantor bupati itu, dipimpin langsung oleh Asisten III DRS. Ismet Inoni, MH, didampingi oleh awak Diskominfo.

Terlihat asik dan bersahabat karena terjadi dialogis yang menarik dalam diskusi tersebut.

Pemkab Lambar Sambut IWO Batanghari

Berbicara konteks wisata, daerah yang alamnya indah nan sejuk itu, terdapat beberapa destinasi wisata terkenal, diantaranya seperti Danau Suoh, Wisata Panas Bumi Suoh, Hutan Pinus Ecopark, Kebun Raya Liwa, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

DRS. Ismet Inoni, MH, III Setda Lambar mengatakan, objek wisata Danau Suoh memang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan dan sangat cocok buat para wisatawan yang ingin berlibur jauh dari keramaian.

Airnya yang jernih ditambah hijaunya pemandangan di sini membuat pengunjung betah berlama-lama.

‘’Lokasi Danau Suoh terletak di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh atau berjarak sekitar 47 kilometer dari kota Liwa,’’ kata mantan Kabag Humas ini.

Kawasan Danau Suoh sendiri terdiri dari tiga buah danau yang jaraknya cukup berdekatan.

Di antaranya objek wisata Panas Bumi atau Kawah Nirwana yang lokasinya tidak jauh dari Danau Suoh.

‘’Di sini pengunjung dapat menyaksikan fenomena panas bumi yang menakjubkan. Seperti semburan belerang ke atas permukaan bumi,’’ paparnya lagi di.hadapan rombongan IWO Batanghari.

Belerang-belerang tersebut juga membentuk lempengan-lempengan mirip keramik yang padat dan terhampar seperti sebuah lantai keramik.

Selain itu, ada juga objek wisata Kawah Nirwana terletak di Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa, yaitu berupa pemandangan kawah panas yang menakjubkan.

Beberapa pengunjung yang datang ke sini bahkan ada yang sengaja membawa telur untuk kemudian direbus di atas air yang mendidih.

Terhadap wisata dalam Kota Kabupaten, tentu Wisata Kebun Raya Liwa jawabannya. Kebun Raya Liwa merupakan destinasi wisata menarik lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Buat kalian yang berencana berlibur ke Lampung Barat, objek wisata ini wajib untuk dikunjungi.

KEBUN RAYA LIWA

Kebun Raya Liwa atau KRL juga merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Lampung Barat.

Di Kebun Raya Liwa, pengunjung dapat menemukan aneka ragam jenis tumbuhan yang menjadi koleksi kebun ini seperti tanaman hias, buah-buahan, dan jenis tanaman lainnya.

Kebun Raya Liwa sangat cocok dijadikan destinasi pilihan keluarga sebagai tempat piknik bersama keluarga tercinta.

Di sini, para orang tua juga dapat mengenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada anak serta mengajari anak untuk melestarikan alam sekitar.

Sehabis diskusi di kantor bupati, rombongan PD IWO Batanghari langsung diajak untuk berkunjung be beberapa tempat wisata yang ada dalam kabupaten tersebut. Tak mau ketinggalan, PD IWO Lambar ikut ambil bagian mendampingi keluarga besar IWO Batanghari selama berada di Kabupaten Lambar.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube