Sederet Kepala Daerah di Jambi Rebut Ketua Partai, Pengamat : Bargaining 2024

BERITA POLITIK – Sederet nama Kepala Daerah di Jambi rebut jabatan Ketua Partai. Dinamika politik itu menjadi sorotan publik. Pengamat Politik Jambi, Mochammad Farisi menilai ini sebagai ‘bargaining’

Belum genap sepekan, Sy Fasha santer jadi pembicaraan. Hal ini, setelah Walikota Jambi itu resmi menerima mandat dari Surya Paloh, untuk memimpin DPW Partai NasDem Provinsi Jambi.

Sementara, jika kilas balik beberapa bulan sebelumnya, sejumlah nama Kepala Daerah di Jambi berturut-turut rebut kursi empuk di partai.

Seperti Fasha, Walikota Jambi yang juga secara mengejutkan turut serta Wawako Maulana berlabuh ke NasDem. Kemudian, pada akhir Februari lalu, Masnah Busro, orang nomor satu di Bumi Sailun Salimbai itu resmi mengomandoi PAN Muaro Jambi.

Kemudian lagi, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. Belum lama, Ia secara resmi kantongi SK sebagai Ketua DPW PPP Provinsi Jambi.

Bupati yang akrab dikenal dengan julukan MFA itu, kini menggantikan Evi Suherman komandoi partai berlogo Ka’bah tersebut.

Pengamat Politik Jambi, Mochammad Farisi memberikan tanggapan terkait dinamika politik di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah itu.

Faris mengatakan, hal ini lumrah dalam percaturan politik. Pasalnya, untuk mengakomodir kekuatan dan pengaruh. Tentunya, keleluasaan pimpinan partai seperti Ketua dan Sekretaris, memiliki peluang besar.

“Memang, biasanya yang berpengaruh dalam sebuah partai itu Ketua dan Sekretaris. Ia, punya kesempatan mengakomodir sebuah kekuatan, tentu lebih leluasa. Seperti, komunikasi politik ke tingkatan elit atau pengurus pusatnya,” ungkapnya.

Bargaining Kontestasi Berikutnya

Selanjutnya, Akademisi Ilmu Politik Universitas Jambi ini menambahkan, dengan bergabungnya sejumlah Kepala Daerah menduduki posisi Ketua di Partai Politik tertentu menjadi bargaining.

Sepengamatannya, hal ini tentunya sebagai upaya meningkatkan sebuah bargaining position, atau daya tarik pada kontestasi berikut.

“Partai pada umumnya. Tentu, mempunyai basis massa dan mesin politik masing-masing. Kemudian, ada juga tokoh-tokoh didalamnya. Nah, berupa bargaining lah untuk kontestasi berikutnya,” tambahnya.

Baca Juga : Masnah Sah Jadi Ketua DPD PAN Muaro Jambi, Bakri : Ini Resmi Keputusan DPP

Akan tetapi, disamping memiliki peluang besar untuk kedepannya. Meski terpilih sebagai Ketua Partai, dalam konteks ‘rumah’ baru tempat bernaung. Tak ayal, Faris beranggapan hal ini memiliki tantangan bagi Ketua Partai yang baru saja terpilih itu.

“Tantangannya, bagaimana soal menjalin komunikasi di internal partai. Sebagai wajah baru, mesti bisa masuk hingga ketingkat akar. Bisa memadukan, orang lama dan orang baru. Sehingga, tidak terjadi gesekan internal.” tutupnya.

 

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube