Ngeri, Pria Ini Pamer Salo Tabungan di Medsos Viral

BERITA NASIONAL -Seorang pria asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengaku bernama Haji Amin mendadak viral di media sosial, lantaran pamer saldo tabungan. Namanya jadi buah bibir oleh para warganet, baik di TikTok, Instagram hingga Twitter.

Dalam video pendek berdurasi 23 detik itu, Amin mempertanyakan dan pamer saldo tabungan miliknya di bank turun hingga sekitar Rp 25 triliun.

“Ini saldo saya ada, untuk saldo saya sudah disahkan pemerintah setempat, bahkan dari konsorsium lain. Ini saldo saya terakhir (Rp 525.000.012.000.000), coba lihat ini saldo saya terakhir (Rp 500.025.000.005.500), asal Rp 525 triliun menjadi Rp 500 triliun,” kata Haji Amin dalam video pendek seperti dilihat oleh Tempo pada Kamis, 5 Januari 2023.

Baca juga : Tren Harga Sawit di Jambi Minggu Pertama Tahun 2023 Membaik

Pria yang mengenakan pakaian hitam dengan pin garuda besar itu, menunjukkan kulit buku tabungan yang berwarna biru. Ia kemudian mengeluhkan dana dari tabungannya yang mendadak berkurang.

Haji Amin pun meminta kepada pihak terkait untuk menantang pihak-pihak, yang mempertanyakan saldo tabungannya itu untuk menemuinya secara langsung. Tak terkecuali Presiden Jokowi.

“Saya Haji Moh Amin tidak main-main. Saya datang dari Kalimantan Selatan. Siapa pun mau ke tempat saya, Presiden, kek… Saya tunggu di Hotel 88. Makasih, selamat pagi,” tuturnya.

Video tersebut kemudian menyebar luas, ke sejumlah platform media sosial oleh sejumlah akun.

Lalu benarkah pengakuan Haji Amin itu?

Tanggapan Bankir

Seorang bankir yang di hubungi Tempo pada Kamis malam, menilai video itu adalah hoaks atau kabar palsu. “Itu hoaks, di IG (instagram) akun-akun gosip udah naik (diunggah) beberapa kali. Itu merupakan hoaks,” kata bankir tersebut.

Kalaupun benar, menurut bankir tersebut, orang yang memiliki saldo tabungan dengan nilai fantastis itu, tentu sudah pasti masuk radar Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Nilai tabungannya mengalahkan harta orang terkaya di RI

Lebih jauh, bankir itu juga sangsi ada orang super kaya, yang memiliki nilai tabungan lebih dari Rp 500 triliun dan memamerkannya ke publik. “Masa ada uang Rp 500 triliun ngalahin Hartono (Robert Budi Hartono, orang terkaya versi Forbes)?” ujarnya.

Pada Selasa, 27 Desember 2022 lalu, Majalah Forbes memberitakan bahwa Robert Budi Hartono masih menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 22,5 miliar atau sekitar Rp 351,37 triliun.

Baca juga : Wako Ahmadi Hadiri Peringatan Hut ke 66 Provinsi Jambi

Robert Budi Hartono dan saudaranya, Michael Hartono, disalip oleh Low Tuck Kwong yang memiliki kekayaan bersih senilai US$ 27,1 miliar atau sekitar Rp 423 triliun (asumsi kurs Rp 15.615 per dolar AS).

Sebelumnya, pada daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes pada 8 Desember 2022, Low Tuck Kwong masih berada di urutan kedua dengan total kekayaan US$ 12,1 miliar. Nilai kekayaannya melonjak karen lonjakan harga batu bara, dari hanya US$ 2,55 miliar pada 2021.

Sumber : Tempo.co

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033