Meski Terdaftar di DPT, Warga Bisa-bisa Tak Dapat Memilih di PSU Karena Ini

BERITA POLITIK – Pemilihan Suara Ulang atau PSU Pilgub Jambi bakal digelar pada 27 Mei di 88 TPS. Tak hanya terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), pastikan hal ini agar anda bisa memilih.

Sebagaimana diketahui, amar putusan MK beberapa waktu lalu. Yang mana, mengharuskan PSU di 88 TPS yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota Jambi.

Pun hal ini selaras dengan penambahan syarat pemilih, agar dapat menggunakan hak suaranya di PSU mendatang.

Sebagaimana penjelasan Edison, Komisioner KPU Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (23/05/2021).

Pada Dinamikajambi.com, Edison mengatakan, syarat tambahan di PSU Jambi haruslah membawa E-KTP asli ke TPS.

“Ya, benar, harus membawa E-KTP ke TPS masing-masing,” ungkapnya.

Pastikan Tanggal Terbit E-KTP Tak Lewat 9 Desember 2020

Selain itu, Edison juga menjelaskan, sebagaimana amanat putusan MK soal PSU beberapa waktu lalu.

Yang mana, bagi warga yang terdaftar dalam DPT, haruslah selaras dengan tanggal terbit E-KTP yakni sebelum 9 Desember 2020.

Itu artinya, bilangnya, warga yang terdaftar di DPT tapi tanggal penerbitan KTP lewat dari 9 Desember 2020. Maka, secara otomatis tidak dapat memilih, jika tidak disertai surat dari Dukcapil.

“Misal karena kehilangan KTP atau rusak. Itu juga akan membatasi hak pilihnya. Karena secara regulasi, kalau mereka tidak dapat menunjukkan surat keterangan rekam KTP sebelum 9 Desember 2020 dari Dukcapil. Maka, mereka tidak bisa menggunakan hak pilihnya.” jelasnya.

Lapor Dukcapil

Lantas demikian, Ia menganjurkan kepada calon Pemilih PSU di Muaro Jambi, yang telah mengalami perubahan tanggal di KTP agar melapor ke Dukcapil. Guna meminta Surat Keterangan Rekam E-KTP sebelum tanggal 9 Desember 2020.

Baca Juga : Coba-Coba Lakukan Pelanggaran Lagi di PSU, Paslon Bakal di Diskualifikasi

Pun hal ini jika tidak melampirkan surat keterangan rekam KTP dari Dukcapil. Maka dapat dipastikan, warga yang telah terdaftar di DPT tersebut tidak dapat menggunakan hak pilihnya

“Kalau ada perubahan, silahkan hubungi Pemerintah Desa ataupun Dukcapil. Untuk mengurus surat keterangan, bahwa telah melakukan perekaman sebelum 9 Desember 2020. Kalau keterangan rekam lewat dari 9 Desember, ya tidak bisa memilih. ” tutupnya.

(Tr01)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube