Marak Kecelakaan, BPTD Wilayah V Jambi Bakal Tertibkan Angkutan Pariwisata

BERITA JAMBI – Belakangan ini dinilai marak terjadi kecelakaan, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Jambi gelar rapat penertiban angkutan pariwisata, Kamis (02/06/2022).

Rapat yang digelar Kantor BPTD Wilayah V yang berada di Terminal Alam Barajo, dihadiri oleh Direktorat Lalu Lintas Polda, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan. Selain itu, rapat juga dihadiri oleh Jasa Raharja hingga Organda Provinsi Jambi.

Kepala BPTD Wilayah V Bahar Latief menuturkan, belakangan ini marak terjadi kecelakaan lalu lintas yang menimpa bus Pariwisata. Contohnya, di wilayah Bantul, Mojokerto, Ciamis, yang sebagian kasus memakan korban jiwa.

Di mana, bilangnya, dari informasi yang dihimpun armada bus tersebut tak memiliki izin operasional.

“Dari infromasi yang dihimpun, armada dan perusahaan bus tersebut tidak terdaftar di Kemenhub. Itu artinya, operasionalnya ilegal, maka kita tidak ingin hal ini terjadi di Jambi,” ungkapnya.

Minta Seluruh Pihak Bersinergi

Lebih lanjut, ke depan BPTD V Jambi akan lakukan penertiban bagi angkutan pariwisata di Jambi. Bahar menuturkan, terdapat 8 persyaratan kendaraan angkutan pariwisata.

Di antaranya, armada harnya diperuntukkan pada keperluan wisata, serta dilengkapi dengan tulisan Pariwisata di kaca depan. Selanjutnya, memiliki izin operasional, terdaftar di aplikasi SPIONAM Kemenhub. Tak hanya itu, bus pariwisata juga harus dilengkapi dengan alat pemantau kecepatan.

“Kita kordinasi dan bersinergi, baik itu Dinas Pariwisata, PTSP, pihak Kepolisian, jasa raharja dan semua stakeholder terkait. Tentu, kalau hanya kerja sendiri itu tidak bisa,” tukasnya.

“Kita akan lakukan Gakkum, dan kita akan atur jadwal untuk turun bersama.” timpalnya.

(Rpa)

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube