Jalankan Fungsi, DPRD Merangin Pantau Pilkades Serentak

BERITA MERANGIN – Berlangsung Sabtu 14 Mei 2022, sebanyak 172 desa di Kabupaten Merangin menggelar Pemilihan Kepala Desa. DPRD Merangin, siap pantau Pilkades Serentak 2022.

Sebelumnya, sebanyak 176 desa sedianya mengelar Pilkades. Namun terkait aturan, 4 desa gagal ikut dan hanya 172 desa menggelar Pilkades Serentak di Merangin.

Sebagai bentuk pengawasan, DPRD Merangin bakal ikut memantau pelaksanaan Pilkades. Setelah Ketua DPRD Merangin bersama Forkopimda, 34 dewan lain akan turun memantau.

Hal ini terungkap dalam hearing lintas komisi di DPRD Merangin pekan ini. Dalam pertemuan di Ruang Banggar, dewan mengevaluasi persiapan Pilkades dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Merangin.

Mulai dari persiapan OPD, Honorarium PPS sampai pengawasan dari dewan sebagai wakil rakyat.

“Lembaga. Ini secara lembaga. Dewan dari dapil masing-masing, bisa memonitoring,” sampai Asari Elwakas, atau lebih dikenal Bang Puk.

Penyampaian Bang Puk, langsung mendapat respon dewan lainnya. Hal ini sebagaimana dewan menjalankan fungsi pengawasan, DPRD Merangin ikut memonitoring atau pantau pelaksanaan Pilkades.

Satu persatu, anggota dewan berbicara dalam persiapan tersebut. Termasuk Sapriyon, anggota DPRD Merangin dari Partai Gerindra.

Baca Juga : Protes Pencalonan Kades Petahana, Warga Demo DPMD Merangin

Ia mengingatkan potensi masalah DPT di Pemilihan Kepala Desa. Terutama pada penduduk yang bekerja dari luar desa, namun terdata sebagai pemilih atau warga yang sudah menetap namun tidak terdata.

DPMD sendiri menjawab, permasalahan ini kini bisa terpantau lewat daring atau online.

“Kalau pun ada keraguan, bisa di cek online di Dukcapil,” ungkap Andrie Fransusman, Kepala DPMD Merangin.

Dari data tersebut, terungkap bahwa kapan yang bersangkutan pindah atau menetap di wilayah tertentu.

Sebagai informasi Pilkades 2022, Polres Merangin menurunkan 446 personil. Sebanyak 333 dari Polres Merangin, sementara 113 dari Brimob, Polres Bungo dan Sarolangun

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube